Diperiksa Imigrasi Bandara Soetta, Status Mentan Syahrul Yasin Limpo Tak Dicekal

Rabu, 04 Oktober 2023 - 23:12 WIB
loading...
Diperiksa Imigrasi Bandara Soetta, Status Mentan Syahrul Yasin Limpo Tak Dicekal
Mentan Syahrul Yasin Limpo diperiksa petugas imigrasi setibanya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo diperiksa petugas imigrasi setibanya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Rabu, (4/10/2023) sore. Pihak imigrasi mengklaim tak memberikan perlakuan khusus pada kader Partai Nasdem yang tersandung kasus korupsi tersebut.

“Tidak ada perlakuan khusus dari petugas, semua menjalankan standar pemeriksaan sesuai dengan ketentuan sebagaimana mestinya” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto.

Syahrul Yasin Limpo tiba Di Indonesia setelah sempat dikabarkan hilang kontak pasca informasinya ditetapkan sebagai tersangka tersebar. Mulanya, Yasin Limpo dijadwalkan tiba di Indonesia dari luar negeri pada Minggu, 1 Oktober 2023.



Syahrul Yasin Limpo dikabarkan sempat berada di Roma, Italia dalam rangka menghadiri Konferensi Global tentang Peternakan Berkelanjutan Transformasi. Syahrul Yasin Limpo tiba di Jakarta pada Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 18:00 WIB dengan menggunakan pesawat Singapore Airlines (SQ 964).

"Kami telah menerima informasi kedatangan Syahrul Yasin Limpo dan memberikan instruksi kepada petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi untuk melakukan proses pemeriksaan keimigrasian sesuai standar yang berlaku," jelasnya.

Menurut Tito, Syahrul Yasin Limpo turun melalui gate 8 untuk menuju area Tempat Pemeriksaan Imigrasi Terminal 3 Kedatangan Internasional. Proses pemeriksaan keimigrasian dilakukan pada pukul 18:41 WIB melalui konter WNI bernomor 1.



Pada saat pemeriksaan keimigrasian status cekal SYL adalah “NO HIT” (berwarna hijau yang berarti tidak cekal). Selanjutnya SYL diberikan tanda masuk wilayah Indonesia.

Setelah pemeriksaan keimigrasian selesai dilakukan, Syahrul Yasin Limpo bergerak menuju area pengambilan bagasi. Pemeriksaan keimigrasian terhadap WNI telah diatur di dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 44 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemeriksaan Masuk dan Keluar Wilayah Indonesia di Tempat Pemeriksaan Imigrasi.

Dari foto yang didapat MNC Portal Indonesia, nampak Yasin Limpo mengenakan setelan jas kotak-kotak warna hitam melintasi pintu keberangkatan Terminal 3. Lalu celana hitam panjang dan mengenakan masker. Yasin Limpo pun langsung menuju parkiran untuk selanjutnya meninggalkan lokasi tersebut.

Yasin Limpo nampak dikawal oleh sejumlah orang. Namun, pengawalannya tidak ketat. Kedatangan Yasin Limpo juga tak dikawal oleh petugas keamanan ataupun polisi.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)