3 Rekan Seangkatan KSAD Dudung Abdurachman yang Jadi Panglima Kodam, Jebolan Akmil 1988

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:10 WIB
loading...
3 Rekan Seangkatan KSAD Dudung Abdurachman yang Jadi Panglima Kodam, Jebolan Akmil 1988
Ada sejumlah nama rekan seangkatan KSAD Dudung Abdurachman yang jadi Panglima Kodam aktif. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah nama rekan seangkatan KSAD Dudung Abdurachman yang jadi Panglima Kodam aktif. Mereka dulunya adalah angkatan Akademi Militer (Akmil) yang lulus tahun 1988.

Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah menjabat posisi Kepala Staf Angkatan Darat sejak 2021. Waktu itu, dia menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Banyak lulusan Akmil 1988 yang telah meraih pangkat tinggi dan jabatan penting di TNI. Dari sekian nama, beberapa di antaranya juga diketahui tengah aktif menjadi Panglima Kodam. Siapa sajakah mereka?

Rekan Seangkatan KSAD Dudung Abdurachman yang Jadi Pangdam


1. Mayjen TNI Yanuar Adil - Pangdam II/Sriwijaya


Mayjen TNI Yanuar Adil merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, dia tengah mengemban jabatan Pangdam II/Sriwijaya.



Yanuar Adil diketahui sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) 1988 dari kecabangan Kavaleri. Pada sepak terjangnya di militer, telah banyak posisi strategis yang ditempati jenderal bintang dua ini.

Tahun 2020, Yanuar menjabat Danrem 041/Garuda Emas. Setahun lebih berselang, dia ditunjuk menjadi Irdam III/Siliwangi.

Kariernya semakin moncer kala mendapat jabatan Danpussenkav TNI AD tahun 2022. Menggantikan Mayjen Gunung Iskandar, posisi ini juga membawa Yanuar meraih pangkat jenderal bintang dua.

Pada Juli 2023, Yanuar Adil masuk daftar perwira tinggi (pati) TNI yang dimutasi. Dalam hal ini, dia ditunjuk menjadi Pangdam II/Sriwijaya menggantikan Mayjen Hilman Hadi.

2. Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko - Pangdam XIII/Merdeka


Berikutnya ada nama Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko. Sebagaimana Yanuar Adil, jenderal bintang dua ini juga berstatus lulusan Akmil 1988 dan sempat menjadi rekan seangkatan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)