Wakili Presiden Jokowi di HUT ke-25 PSMTI, Moeldoko: Kita Semua Anak-anak Indonesia

Selasa, 03 Oktober 2023 - 07:23 WIB
loading...
Wakili Presiden Jokowi di HUT ke-25 PSMTI, Moeldoko: Kita Semua Anak-anak Indonesia
Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyampaikan pemerintah telah menetapkan produk hukum dan perundang-undangan untuk mengakui semua suku dan etnis yang ada di Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut diundang untuk ikut menghadiri gelaran HUT ke-25 Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) . Namun, karena berhalangan hadir, Jokowi diwakilkan oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko .

Moeldoko menyampaikan pemerintah telah menetapkan produk hukum dan perundang-undangan untuk mengakui semua suku dan etnis yang ada di Indonesia. Dia menegaskan Indonesia wajib mempersatukan seluruh suku, bangsa, dan etnis yang ada, terutama etnis Tionghoa.



"Tidak ada mayoritas, tidak ada minoritas, kita semua adalah anak-anak Indonesia," ujar Moeldoko dalam sambutannya di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (2/10/2023).

Mantan Panglima TNI itu juga mengatakan suku Tionghoa diakui dalam peran dan sumbangsihnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semua suku, bangsa, dan etnis yang ada di Indonesia diberikan ruang yang sebesar-besarnya dalam berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan negara.

"Indonesia telah memberikan ruang kepada semua anak-anak Indonesia untuk bisa berbakti dalam semua lini. Jadi saran saya jangan dari hari ke hari hanya hitung duit melulu," katanya sembari berkelakar.

"Ada ruang-ruang lain, (etnis Tionghoa) bisa menjadi pegawai negeri, bisa menjadi TNI, bisa menjadi apa pun yang bisa ada di sini. Bahkan bisa menjadi anggota dewan, juga terbuka lebar di sini," sambung Moeldoko disambut tepuk tangan para hadirin.

Perihal peran PSMTI, Moeldoko yang mewakili Jokowi mengungkapkan peran organisasi kemasyarakatan berbasis paguyuban etnis Tionghoa ini menjadi perwakilan pemerintah dalam menjembatani komunikasi dengan warganya.

Untuk itu, dia mengatakan PSMTI merupakan salah satu organisasi yang juga berperan sebagai partner strategis pemerintah dalam pembangunan Indonesia.

"Kami dari pemerintah merasa senang karena ada sebuah organisasi, kebetulan PSMTI ini, karena dengan adanya organsiasi ini maka akan memberikan kemudahan bagi kami dari pemerintah untuk selalu melalukan koordinasi dan komunikasi yang baik," tutur Moeldoko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)