Gempa Magnitudo 5,4 di Kabupaten Sukabumi, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

Minggu, 01 Oktober 2023 - 12:23 WIB
loading...
Gempa Magnitudo 5,4 di Kabupaten Sukabumi, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,4 yang mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tidak berpotensi tsunami. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
SUKABUMI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,4 yang mengguncang Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BMKG, gempa itu terjadi pukul 11.00 WIB.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono kepada awak media, Minggu (1/10/2023).

BMKG memaparkan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,26 LS - 106,52 BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 104 Km.



Daryono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Jawa Barat.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust)," ujar Daryono.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6033 seconds (0.1#10.140)