Jelang Harganas 2017, BKKBN Sosialisasikan Kampung KB

Kamis, 15 Juni 2017 - 16:09 WIB
Jelang Harganas 2017, BKKBN Sosialisasikan Kampung KB
Jelang Harganas 2017, BKKBN Sosialisasikan Kampung KB
A A A
JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mensosialisasikan program Kampung KB. Kebijakan ini diambil agar manfaat program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan di seluruh Tanah Air.

“Program KKBPK harus lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan. Sasaran Kampung KB utamanya adalah penduduk yang tinggal di wilayah miskin, padat penduduk, kurang memiliki akses kesehatan, terpencil, pesisir, kumuh dan kesertaan ber-KB nya masih rendah,” kata Direktur BKKBN Sukaryo Teguh Santoso seusai mempresentasikan program Kampung KB pada acara Forum Tematik Bakohumas untuk Sosialisasi Penetapan 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas) di kantor BKKBN, Jakarta, Rabu 14 Juni 2017.

Sukaryo mengatakan, pembentukan Kampung KB perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, baik secara politis, teknis dan operasional. “Kami berharap Kampung KB tidak hanya berhenti pada sebatas seremonial pembentukan saja. Diharapkan ada keberlanjutan melalui sinergi berbagai sektor pemerintah bahkan swasta, Kampung KB bukan program BKKBN saja namun perlu dukungan banyak pihak,” ujarnya.

Kampung KB diharapkan akan membuat Program KB bergema kembali dan dapat menjangkau masyarakat, terutama yang berada di desa, dusun, dan kampung di seluruh Indonesia. Sejak 14 Januari 2016, berdasarkan Laporan Pelaksanaan Program dan Kegiatan di Kampung KB Triwulan IV Tahun 2016, Kampung KB telah ada di 487 dari 514 kabupaten dan kota (95%) di seluruh Indonesia. Tahun ini, ditargetkan ada 1 Kampung KB di setiap kecamatan di seluruh Indonesia.

Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty menjelaskan, Kampung KB merupakan upaya untuk meningatkan kesejahteraan keluarga. Penyelenggaraan peringatan Harganas setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah, pemerintah daerah, mitra kerja, dan swasta.

Peringatan Harganas XXIV Tahun 2017 mengambil tema “Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa melalui Keluarga yang Berketahanan”. Pesan intinya adalah Keluarga Berketahanan, Indonesia Mandiri dan Sejahtera. Puncak peringatan Harganas XXIV digekar pada 15 Juli 2017 di Bandar Lampung, Lampung yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0982 seconds (0.1#10.140)