Sambangi Vihara Amurva Bhumi di Jaksel, Kaesang Dengarkan Keluhan Soal Sengketa Lahan

Jum'at, 29 September 2023 - 07:03 WIB
loading...
Sambangi Vihara Amurva Bhumi di Jaksel, Kaesang Dengarkan Keluhan Soal Sengketa Lahan
Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Jokowi mendatangi acara Kue Bulan di Vihara Amurva Bhumi, Setiabudi, Jakarta Selatan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Jokowi mendatangi acara Kue Bulan di Vihara Amurva Bhumi, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis, 28 September 2023. Kaesang datang untuk mendengar langsung keluhan masyarakat.

Kedatangannya sebagai Ketua Umum PSI itu untuk mendengar keluhan sejumlah pengurus tentang sengketa tanah yang menimpa vihara tersebut. Dalam kasus itu, pengurus Vihara menyampaikan langsung masalah itu, termasuk beban denda Rp1,3 miliar yang dianggap memberatkan jemaat. "Saya baru mendengarkan, jadi belum bisa berkata banyak termasuk solusinya," kata suami dari Erina Gundono ini, Jumat (29/9/2023).

Meski demikian, Kaesang yang belum genap sepekan menjadi politisi ini berjanji akan terus melakukan safarinya. Kaesang mengaku akan lebih banyak mendengarkan sejumlah aspirasi warganya.



Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni mengatakan, pihaknya telah mendesak BPN Jakarta Selatan untuk menerbitkan sertifikat terhadap saluran air di sana, sertifikat itu nantinya milik Pemprov DKI Jakarta. Cara ini merupakan solusi atas masalah yang terjadi disana. "Secepatnya sertifikat itu akan keluar. Memang perlu upaya, salah mendesak BPN Jaksel untuk mengeluarkannya," jelas Raja Juli.

Sekjen PSI itu juga mengakui ada banyak rumah ibadah yang bernasib serupa. Karena itulah sebagai mana diamanatkan Presiden Jokowi, pihaknya diminta menyelesaikan masalah ini.



Ketua Pengurus Vihara Amurva Bhumi, Tony Kurniawan menjelaskan bila saat ini kasus ini tengah dalam proses banding ke Pengadilan Tinggi. Tony berharap bisa memenangkan kasusnya sehingga umat dapat beribadah dengan tenang. "Intinya tidak baik mengganggu rumah ibadah. Janganlah, apalagi cara-caranya jahat," kata Tony.

Sementara itu, Ketua Umum Dharmapala Nusantara Kevin Wu menyambut baik kedatangan Kaesang Pangarep ke Vihara Amurva Bhumi. Sebab, Kaesang merupakan tokoh pemuda yang berpengaruh di Indonesia dan pastinya akan membantu selesaikan masalah yang dialami masyatakat.

"Hal ini menjadi sangat bermakna karena inilah peran partai politik sesungguhnya, dikala rakyat terkena masalah, apalagi terkesan kasus yang janggal dan dipaksakan oleh korporasi berkuasa melawan pengurus rumah ibadah yang lemah," tuturnya.

Karena itu, Kevin berharap pejabat negara dan partai politik secara tegas berada dipihak yang benar dan lemah ini. "Semoga kelak akan banyak pejabat-pejabat bersih dan berani seperti beliau (Kaesang)," ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)