Terobosan Ganjar Pranowo Dinilai Berhasil Mengatasi Masalah Masyarakat

Kamis, 28 September 2023 - 02:02 WIB
loading...
Terobosan Ganjar Pranowo Dinilai Berhasil Mengatasi Masalah Masyarakat
Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Terobosan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo saat menjabat Gubernur Jawa Tengah dinilai berhasil mengatasi masalah masyarakat. Salah satu terobosan Ganjar memecahkan masalah di masyarakat Jawa Tengah, yakni aplikasi laporan pengaduan online LaporGub!.

Inovasi ini sangat efektif dan mendapat banyak apresiasi. Pengamat kebijakan publik dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Kumorotomo mengapresiasi LaporGub! sebagai upaya menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan keluhan warga.

Dia berpendapat, LaporGub! merupakan bentuk konsistensi Ganjar menanggapi secara cepat laporan masyarakat.



“Yang dimaksud ditindaklanjuti sebagian besar bukan sekadar ditanggapi atau dijawab dengan waktu respons yang cepat. Namun, yang lebih diperlukan ialah upaya untuk menangani masalah yang diadukan, dilacak kebenarannya, ditanggapi secara serius, dan ditindaklanjuti melalui OPD yang relevan,” kata Kumoro, Rabu (27/9/2023).

Dia menuturkan, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kontak pemerintah dengan warga sekarang ini sangat mudah dilakukan. "Kuncinya adalah ditindaklanjuti dengan langkah perbaikan yang nyata,” tutur Kumoro.

Untuk diketahui penggunaan LaporGub! sudah dimulai sejak periode pertama Ganjar memimpin Jawa Tengah pada 2013. Platform pengaduan ini awalnya berbasis website, kemudian berkembang hingga bisa diakses melalui WhatsApp, SMS, Hotline, Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

LaporGub! sudah menerima sebanyak 126.289 aduan sejak 2014 hingga Juli 2023. Selanjutnya, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait merespons dengan cepat laporan-laporan yang masuk untuk menelusuri kebenarannya.

Masyarakat yang melapor bisa melacak hingga sejauh mana laporannya telah ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait. Melalui terobosan ini, Pemprov Jateng bisa mengevaluasi kinerja masing-masing dinas.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2740 seconds (0.1#10.140)