Dewan Pers Ajak Jurnalis Papua Perjuangkan Kepentingan Publik

Senin, 25 September 2023 - 15:25 WIB
loading...
Dewan Pers Ajak Jurnalis Papua Perjuangkan Kepentingan Publik
Sebanyak sepuluh pewarta dari Provinsi Papua Barat mengunjungi Kantor Dewan Pers di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Senin (18/9/2023).
A A A
JAKARTA - Sebanyak sepuluh pewarta dari Provinsi Papua Barat mengunjungi Kantor Dewan Pers di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Senin (18/9/2023).

Pada kesempatan ini, para jurnalis beraudiensi dengan Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers Toto Suryanto, Tenaga Ahli Bidang Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Sudrajat, dan Tenaga Ahli Komisi Kemitraan dan Infrastruktur Organisasi Arif Supriyono.

Toto Suryanto menyampaikan bahwa ini merupakan pertemuan yang sangat dibutuhkan untuk menjalin hubungan antara jurnalis di daerah dengan Dewan Pers. "Saya kira ini suatu pertemuan yang sangat kita butuhkan, karena komunikasi antara Dewan Pers dengan teman- teman jurnalis di daerah ini satu hal yang niscaya harus kita lakukan," kata Toto.

Hal ini, kata dia, karena para jurnalis di daerah mempunyai kelebihan tersendiri, yakni lebih menguasai kondisi daerahnya masing- masing. "Teman- teman ini memiliki kapasitas dan kemampuan sebagai jurnalis yang baik. Tapi kadang- kadang kita tidak mendengar karena jauh saja," ujar Toto.

Pada audiensi itu ia juga menyampaikan bahwa pers memiliki peran lain selain pemberitaan. Menurutnya, demi kepentingan publik pers juga berperan untuk membuka ruang agar masyarakat lebih mudah dalam memperoleh suatu informasi.

Ia pun berpesan agar teman- teman jurnalis di Papua Barat bisa terus berkembang dan selalu menjaga kepercayaan publik. "Tetaplah terus memperjuangkan kepentingan publik. Mudah- mudahan dengan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat, akan membuat teman- teman menjadi satu pilar demokrasi yang memang diharapkan oleh masyarakat," kata Toto.

Kunjungan jurnalistik ini merupakan program rutin tahunan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kegiatan kunjungan jurnalistik berlangsung sejak 17-22 September 2023 di Jakarta dan Bandung.

Dalam kegiatan tersebut, wartawan asal Papua Barat diajak mengunjungi Museum Penerangan, Kementerian Kominfo RI, Kantor Dewan Pers, Kantor Berita Antara, Kompas, Pikiran Rakyat, kantor Republika Jawa Barat, hingga ke Universitas Padjadjaran Bandung.

Jurnalis yang hadir di antaranya dari LKBN Antara, Kompas TV, TVRI Papua, RRI Papua, Tribun Papua Barat, Koran Tabura Pos, Acemo.id, PapuaStar.com KlikPapua.com, dan Orideknews.com.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)