3 Komandan Kopasgat Kelahiran Jawa Barat, 2 di Antaranya Melenggang Jadi KSAU

Senin, 25 September 2023 - 10:39 WIB
loading...
3 Komandan Kopasgat Kelahiran Jawa Barat, 2 di Antaranya Melenggang Jadi KSAU
Terdapat sejumlah Komandan Kopasgat kelahiran Jawa Barat. Salah satunya Marsekal Muda TNI (Purn) RA Wiriadinata. Foto/lanud-wiriadinata.tni-au.mil.id
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah Komandan Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat) kelahiran Jawa Barat yang menarik diketahui. Dari sekian nama, beberapa di antaranya sukses melenggang menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara ( KSAU )

Kopasgat merupakan pasukan elite yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Pasukan ini biasa dikenal dengan nama Korps Baret Jingga.

Melihat sejarahnya, satuan ini telah beberapa kali berganti nama. Dari Komando Pangkalan Angkatan Udara (Koppau), Kopasgat, Korps Pasukan Khas TNI AU , hingga kembali menjadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).



Sepanjang riwayatnya, Kopasgat telah dipimpin banyak komandan yang berbeda-beda. Dari sekian banyak, beberapa di antaranya diketahui merupakan kelahiran Jawa Barat. Siapa sajakah mereka?

Komandan Kopasgat Kelahiran Jawa Barat


1. Marsekal TNI (Purn) Saleh Basarah


Marsekal TNI (Purn) Saleh Basarah merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Udara. Dalam riwayatnya, dia meraih puncak karier militer ketika ditunjuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).



Posisi KSAU ditempati Saleh Basarah pada periode 1973 hingga 1977. Sebelum menjadi KSAU, pria kelahiran Tasikmalaya ini juga banyak menempati posisi penting lain di militer.

Salah satunya adalah Panglima Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Jabatan ini ditempati Saleh pada periode 1966 hingga 1958.

2. Marsekal Muda TNI (Purn) RA Wiriadinata


Raden Atje Wiriadinata lahir di Sumedang, Jawa Barat, pada 15 Agustus 1920. Dulunya, ia mengawali karier di AURI sejak 1940, tepatnya setelah lulus pendidikan di vliegtuigmaker school militaire luchtvaart andir Bandung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)