Jadi Mentor Pengusaha se-Banten, Ganjar Tekankan Pentingnya Regulasi bagi Pelaku UMKM

Minggu, 24 September 2023 - 23:41 WIB
loading...
Jadi Mentor Pengusaha se-Banten, Ganjar Tekankan Pentingnya Regulasi bagi Pelaku UMKM
Bacapres yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo, saat menjadi mentor pengusaha se-Banten, di Remaja Kuring Resto Kota Tangerang, Banten, Minggu (24/9/2023). Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Bakal calon presiden yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo, berbicara tentang pengembangan UMKM saat menjadi mentor pengusaha se-Banten, di Remaja Kuring Resto Kota Tangerang, Banten, Minggu (24/9/2023). Ganjar menekankan pemerintah harus ikut terlibat dan berpihak pada pengusaha kecil menengah.

"Rata-rata yang hadir ini adalah pengusaha kecil. Tadi ide-idenya bagus. Beberapa persoalan disampaikan. Mulai dari permudah akses modal sampai adaptasi market yang memasuki era digital," kata Ganjar.

Ganjar menyebutkan pentingnya kehadiran pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM di tengah perdagangan online berbasis media sosial yang tengah berkembang saat ini.



"Saya kira intervensi pemerintah ketika pasar rakyat kemudian agak berubah drastis seperti ini memang harus terlibat," ujarnya.

Ganjar yang pernah memimpin Jawa Tengah dua periode itu menegaskan untuk membela para pengusaha lokal, perlu adanya kepastian hukum yang mengatur salah satunya tentang kemudahan perizinan usaha.



Dengan begitu, Ganjar menilai nantinya para pelaku UMKM akan nyaman untuk menjalankan usahanya. "Kalau itu diatur, para pengusaha mendapat kemudahan izin dan penegakannya berjalan. Mereka akan senang dan menjalankan usahanya dengan nyaman," tuturnya.

Selain itu, Ganjar juga menilai pemerintah perlu melakukan pembinaan bagi pelaku UMKM. Misalnya, peningkatan kualitas produk, pembukuan, packaging, hingga marketing yang adaptif terhadap perkembangan zaman.

Tak hanya itu, Ganjar menilai perlu adanya pelatihan bagi para pelaku UMKM untuk berkoperasi. "Umpama tadi pedagang bakso problemya suplai daging, bawang merah, cabe itu menjadi problem terus-terusan,"tukasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)