Berbagi Pengalaman Membangun Usaha, HT: Segala Sesuatu Harus Dimulai dengan Visi

Selasa, 30 Mei 2017 - 07:28 WIB
Berbagi Pengalaman Membangun Usaha, HT: Segala Sesuatu Harus Dimulai dengan Visi
Berbagi Pengalaman Membangun Usaha, HT: Segala Sesuatu Harus Dimulai dengan Visi
A A A
JAKARTA - Segala sesuatu harus dimulai dengan visi yang benar dan dilakukan dengan berkualitas dan cepat.

Hal tersebut disampaikan oleh Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) saat berbagi pengalaman dengan Entrepreneurs Organization, di Jakarta, Senin, 29 Mei 2017.

"Banyak orang filosofi hidupnya kerja keras. Itu tidak cukup, kerja keras tanpa visi akan buang-buang waktu," kata HT.

Pria yang kini memimpin lebih dari 100 perusahaan dengan 37.000 karyawan tersebut menceritakan, bagaimana dia memulai usahannya dari bawah. Dengan modal yang minim, pengalaman yang kurang, dia terus bekerja keras dengan visi yang telah ditetapkannya sejak memulai masuk di bangku kuliah di Carleton University, Ottawa, Kanada.

Dia membenahi manajemen berbagai perusahaan yang ingin dijual. Yang tadinya bekinerja kurang baik menjadi sangat baik. Setelah perusahaan tersebut sehat dia mencarikan investor atau menjual perusahaan tersebut di lantai bursa.

Hal tersebut tidak lah mudah, diawali dengan membentuk jaringan yang sebelumnya tak pernah dimilikinya. Satu persatu perusahaan didekatinya tak sedikit yang menolaknya kala itu. Dia melakukannya mulai dari riset hingga mendapatkan investor secara terus menerus. Bahkan dia pernah keliling 5 benua hanya dalam sembilan hari untuk mendapatkan investor.

Hingga akhirnya cukup modal dia membesarkan MNC Group yang saat ini tumbuh pesat bergerak di bidang media, properti dan jasa keuangan. "Sejak saya memulai bisnis sampai saat ini, saya bekerja 16 jam sehari," ungkap HT.

Dia juga menekankan disiplin sangat penting, menyelsaikan tanggung jawab tugas. Selain itu, “Apa yang kita pikirkan, katakan dan lakukan harus konsisten,” tegas HT.

Kepada para pengusah yang hadir dia berpesan agar gigih, pantang menyerah sebelum tujuan tercapai. Hal tersebut menurtnya tidak mudah dan harus dilatih, karena musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri.

HT juga berpesan pentingnya menjaga stamina, sebab tanpa stamina yang kuat mustahil untuk menyelesaikan berbagai tugas yang ada. Dia sendiri setiap hari berolahraga selama 1,5 jam sehari mulai dari lari 10 KM, hingga angkat beban untuk menjaga staminanya tetap fit.

HT berharap akan semakin banyak pengusaha bertumbuh di Indonesia karena jika pemberi kerja lebih banyak dari pencari kerja kesejahteraan masyarakat akan meningkat.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5207 seconds (0.1#10.140)