Najwa Shihab: Maksud Ganjar Penting Institusi Pendidikan Punya Orang Terbaik

Kamis, 21 September 2023 - 18:01 WIB
loading...
Najwa Shihab: Maksud Ganjar Penting Institusi Pendidikan Punya Orang Terbaik
Jurnalis senior Najwa Shihab menilai pernyataan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tak merendahkan profesi wartawan. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE NAJWA SHIHAB
A A A
JAKARTA - Jurnalis senior Najwa Shihab menilai pernyataan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tak merendahkan profesi wartawan. Menurutnya, maksud pernyataan Ganjar agar orang baik dapat kembali ke institusi pendidikan untuk mendidik.

Hal ini ditegaskan Najwa Shihab menanggapi anggapan sebagian pihak bahwa Ganjar telah merendahkan profesi jurnalis. Anggapan itu muncul sebagai respons pernyataan Ganjar dalam acara talkshow Mata Najwa On The Stage di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Selasa (19/9/2023).

Dalam acara itu, Ganjar sempat melontarkan pernyataan yang dianggap sebagian pihak telah merendahkan profesi jurnalis. Padahal, Najwa Shihab yang memandu acara tersebut merasa tak tersinggung. Ia justru menilai, maksud pernyataan Ganjar itu agar orang terbaik dapat kembali ke institusi pendidikan untuk mendidik.



"Jadi bukan soal tersinggung, biasa saja, agar tidak ke mana-mana. Pernyataan Ganjar Pranowo maksudnya rasanya tentang pentingnya institusi pendidikan mendapatkan orang-orang terbaik," kata Nakwa dalam keterangannya, Kamis (21/9/2023).

Terlepas dari itu, wanita yang akrab disapa dengan Nana ini merasa wajar, bila dialognya dengan Ganjar ditanggapi beragam oleh sebagian pihak. Apalagi, kata Najwa, acara tersebut ditonton oleh ribuan mahasiswa bahkan masyarakat.

"Saya tentu perlu merespons saat itu karena tugas jurnalis, kan, menjernihkan apa yang mungkin masih abu-abu. Makanya saya katakan bahwa profesi jurnalis itu membanggakan," tandasnya.



Untuk diketahui, pernyataan Ganjar yang dianggap merendahkan profesi itu dilontarkan saat berbincang dengan Najwa Shihab dalam program Mata Najwa on Stage Selasa (19/8/2023). Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen.

"Sepuluh besar lulusan terbaik itu jadi dosen, iya dong masa jadi MC?" celetuk Ganjar.

"Siapa Mas MC? Saya Jurnalis, bukan MC!" jawab Najwa.

"Bukan..bukan..jurnalis lah kalau begitu.." timpal Ganjar. Pernyataan itu, viral di media sosial X.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)