Bapak Maleo, Gambaran Kecintaan Rakyat Papua untuk Kopassus

Selasa, 19 September 2023 - 15:39 WIB
loading...
Bapak Maleo, Gambaran Kecintaan Rakyat Papua untuk Kopassus
Komando Pasukan Khusus atau Kopassus memiliki satu julukan unik, yakni Bapak Maleo. Foto/Ilustrasi/Pen Kopassus
A A A
JAKARTA - Komando Pasukan Khusus atau Kopassus memiliki satu julukan unik, yakni Bapak Maleo. Julukan tersebut diberikan oleh masyarakat Papua untuk Korps Baret Merah itu.

Awal mula pemberian julukan itu ketika pasukan elit milik TNI AD ditugaskan untuk merebut hati warga Papua demi menjaga keutuhan NKRI.

Dilansir dari buku "Kopassus untuk Indonesia" karya Iwan Santosa E.A. Natanegara, julukan Bapak Maleo pada Kopassus diberikan karena saking menyatunya mereka terhadap masyarakat Papua.

Sejarah Pemberian Julukan Bapak Maleo untuk Kopassus


Dalam buku tersebut, Letda Gandolphus Borlak menceritakan bagaimana pengalamannya ketika bertugas di daratan Papua dan menjadi sahabat masyarakat di sana.



Kopassus yang dikenal sebagai pasukan elit tangguh harus menjadi sosok yang dicintai rakyat kala itu. Mereka harus berbaur dengan masyarakat demi memperkenalkan NKRI sebelum menanamkan jiwa nasionalisme.

Kala itu Papua masih sangat tertinggal dalam segi pembangunan, sehingga masyarakatnya masih banyak yang hidup tradisional. Bahkan, beberapa di antara mereka yang tinggal di pedalaman tidak mengetahui keberadaan NKRI.

Tugas ini tidak mudah bagi Kopassus mengingat kelompok pedalaman Papua kerap memiliki banyak kelompok separatis yang bisa saja menyerang kapan pun.

Karena itulah, pasukan khusus ini diterjunkan untuk berkomunikasi secara langsung dengan baik sembari menyertakan pandangan mereka.

Letda Gondolpus Borlak adalah salah satu prajurit yang ditugaskan di pos Timika, Papua pada 1996. Dia punya misi untuk meraih simpati rakyat Papua dan membangun jaringan informasi di tiap kecamatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)