Adanya Inovasi Diharapkan Tetap Perhatikan Dampak Lingkungan

Minggu, 17 September 2023 - 05:20 WIB
loading...
Adanya Inovasi Diharapkan Tetap Perhatikan Dampak Lingkungan
Perkembangan zaman yang terus berubah dan inovasi yang dilakukan di sejumlah bidang, diharapkan tetap memperhatikan dampak lingkungan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perkembangan zaman yang terus berubah dan inovasi yang dilakukan di sejumlah bidang, diharapkan tetap memperhatikan dampak lingkungan. Pasalnya, dengan memperhatikan dampak lingkungan maka akan menjaga kelestarian alam.

Pandangan ini terungkap dalam Binus Aso School of Engineering yang berinisiatif menyelenggarakan acara Product Design Engineering Exhibition pada 31 Juli dan 1 Agustus 2023 di Anggrek Campus Binus Kemanggisan.

"Jadi, perancangan produknya perlu mempertimbangkan dampak bagi lingkungan, baik jangka pendek maupun panjang, agar bisa meningkatkan pengalaman pengguna tanpa mengganggu kelestarian alam," kata Head of Product Design Engineering Program, Yosica Mariana, saat menjelaskan mengenai alasan dibukanya acara pameran ini bagi semua lapisan masyarakat.

Dijelaskan Yosica, meskipun telah berkembang ke era digital, inovasi, kreatifitas, dan empati tetap tidak boleh dilupakan.

"Pasalnya, inovasi teknologi digital membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan mampu memberikan kontribusi agar teknologi dapat digunakan secara efisien," jelasnya.

Sesuai dengan namanya kata Yosica, Product Design Engineering Exhibition dari Binus ASO terdiri dari berbagai booth yang menampilkan hasil inovasi para mahasiswa jurusan Product Design Engineering.

Melalui ajang ini, para mahasiswa dapat menawarkan ide dan solusi kreatif untuk bermacam-macam masalah di dunia nyata.

Tak hanya hasil akhir berupa prototipe produk yang kasat mata, para partisipan juga diminta menunjukkan proses penciptaan ide dan produk dari awal sampai akhir.

Dengan kata lain, hal ini juga mencakup tahap konseptualisasi hingga perancangan prototipe untuk menunjukkan kerja keras serta dedikasi mereka kepada pengunjung.

Selain itu, setiap produk dan inovasi juga berdasarkan prinsip keberlanjutan (sustainability), sesuai dengan salah satu pilar utama SDG (sustainable development goals) dari PBB yang bersifat internasional.

"Masukan dari orang awam maupun pelaku industri itu penting supaya rencana desain lebih komprehensif. Makanya, kami ingin memberi wadah bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang melalui karya mereka," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0885 seconds (0.1#10.140)