Jalan Gembira Anies-Muhaimin di Makassar Ditargetkan Diikuti 1 Juta Peserta

Sabtu, 16 September 2023 - 17:01 WIB
loading...
Jalan Gembira Anies-Muhaimin di Makassar Ditargetkan Diikuti 1 Juta Peserta
Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berfoto bersama di sela Deklarasi Capres-Cawapres 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023). ANTARA FOTO/Moch Asim
A A A
JAKARTA - Jalan Gembira Bersama Anies - Muhaimin akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (24/9/2023) mendatang. Acara ini ditargetkan menjadi kegiatan terbesar di luar Pulau Jawa.

"Kami menargetkan kegiatan Jalan Gembira Bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ini setidaknya akan diikuti 500 orang, bahkan bisa sampai satu juta," kata Ketua Panitia Jalan Gembira Bersama Anies-Muhaimin, Tamsil Linrung, Sabtu (16/9/2023).

Menurutnya, para peserta jalan gembira berasal dari Makassar dan sekitarnya, seperti Palopo, Toraja, Enrekang, Pare Pare, dan lainnya. Angka 500.000 ini dikalkulasikan dari permintaan kuota kepesertaan oleh relawan pendukung maupun partai politik pengusung Anies-Muhaimin. Setiap satu simpul relawan minta disediakan kuota 70.000 kupon pendaftaran. Dengan 10 simpul relawan, maka totalnya bisa mencapai 700.000 peserta.



Jumlah itu belum termasuk dari partai pendukung Anies-Muhaimin yang juga minta diberikan kuota. Misalnya Partai Nasdem minta 300.000 kupon, PKS 100.000 kupon, PKB 100.000 kupon, dan Masyumi serta Partai Ummat masing-masing 5.000 kupon pendaftaran.

"Padahal kami tidak melakukan mobilisasi, dan hanya memberikan hadiah-hadiah hiburan untuk para peserta," kata mantan Anggota Fraksi PKS DPR ini.

Dengan perkiraan peserta yang sangat besar, Tamsil menyebut Jalan Gembira Anies-Muhaimin ini akan menjadi kegiatan terbesar pertama yang dilakukan di luar Jawa. Karena perkiraan jumlah peserta yang sangat besar, pihak kepolisian juga menyarankan agar jarak tempuh kegiatan ini diperpanjang menjadi 15 km. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan massa.

Secara teknis, Tamsil menjelaskan, Anies akan tiba di Makassar pada Jumat (22/9/2023). "Setelah itu langsung menuju Palopo dan setelah itu lewat jalur darat Anies menuju Toraja dengan diikuti 24 mobil. Dari Toraja ada 10 mobil yang akan menuju Enrekang dengan tambahan 10 mobil. Ke Binrang nambah lagi 10 mobil. Terus menginap di Sidrap. Di Sidrap bertambah 100 mobil menuju Pare Pare. Di Pare Pare nambah 20 mobil, lalu nambah 20 mobil, nambah 50 mobil. Terus ke Makassar," kata Tamsil.



Anies dan Muhaimin dijadwalkan bertemu di Makassar pada 23 September 2023. "Kebetulan masing-masing punya acara di Makassar. Muhaimin ada acara dengan PKB pada 23, dan Anes ada acara dengan PKS," kata Tamsil.

Setelah acara tersebut, keduanya akan bertemu dalam acara peresmian Posko Relawan Pemenangan Anies-Muhaimin wilayah di Makassar. "Setelah itu, pada Ahad (24/9/2023) pukul 06.00 waktu setempat, mereka akan bertemu dalam kegiatan Jalan Bahagia Anies-Muhaimin," katanya.

Selain untuk konsolidasi, kata Tamsil, kegiatan ini juga membuktikan bahwa politik tidak selalu mahal dan dimobilisasi. Terbukti dalam kegiatan ini, panitia juga tidak memfasilitasi. Peserta dipersilakan datang dengan kaus masing-masing. Mereka bisa menggunakan kaos partai, relawan, ataupun kaus biasa. "Panitia hanya akan memberikan tanda peserta untuk antisipasi keamanan," kata Tamsil.

Untuk kepesertaan, kata Tamsil, masyarakat yang akan mengikuti kegiatan bisa mendaftar secara online maupun langsung melalui offline. Tapi yang mendaftar secara offline pun tetap datanya akan dimasukan secara online.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)