Membongkar 3 Spirit Ganjar Pranowo Majukan Indonesia di Masa Depan

Jum'at, 15 September 2023 - 17:57 WIB
loading...
Membongkar 3 Spirit Ganjar Pranowo Majukan Indonesia di Masa Depan
Bedah buku Membongkar Pikiran Ganjar di Perpustakaan Freedom Wisma Bakrie Jalan HR Rasuna Said Nomor 11 Kuningan, Menteng, Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2023). Foto/Heri Purnomo
A A A
JAKARTA - Tiga sprit bakal calon presiden Ganjar Pranowo untuk memajukan Indonesia dibongkar habis-habisan oleh sejumlah tokoh nasional dari beragam latar belakang. Ketiga spirit Ganjar itu dibongkar dalam bedah buku "Membongkar Pikiran Ganjar" di Perpustakaan Freedom Wisma Bakrie Jalan HR Rasuna Said Nomor 11 Kuningan, Menteng, Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2023).

Ekonom Universitas Gajah Mada (UGM) Poppy Ismalina mengupas tiga spirit besar yang disampaikan Ganjar untuk mengembangkan Indonesia menjadi negara maju. Pertama, kata Poppy, Ganjar memiliki spirit membawa ekonomi Indonesia yang bermartabat. Kedua, menuju ekonomi Indonesia yang kokoh. "Dan yang ketiga, menuju ekonomi Indonesia yang adil," ungkapnya.

Selain Poppy, tokoh yang turut membedah adalah Hamid Basyaib sang penulis, Butet Kartaredjasa (budayawan), Once Mekel (musisi), dan dipandu oleh Diah Ayu Permatasari sebagai moderator. Buku yang tersusun 113 halaman itu merekam wawasan dan pikiran Ganjar terkait delapan isu utama Indonesia. Ditambah dengan epilog yang ditulis oleh Butet.





Penulis, narasumber, dan moderator yang hadir sepakat bahwa sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dinilai menjadi solusi terbaik untuk menyelamatkan Indonesia di masa yang akan datang. "Epilog saya judulnya itu menyelamatkan Indonesia bersama Mas Ganjar. Jadi kalau milih Mas Ganjar itu bukan hanya menenangkan Ganjar tapi menyelamatkan Indonesia," ujar Butet usai acara.

Menurutnya, jika ke depan bukan Ganjar yang menjadi presiden bisa membahayakan masa depan Indonesia. Karena kemampuan Ganjar dalam mengelola negara sudah tergambar jelas lewat pemikiran dan kerjanya selama ini. "Kalau bukan Ganjar yang memimpin, nanti kalau yang memimpin ini penjahat kemanusiaan bahaya. Indonesia tidak selamat," terangnya.

Begitu pula dengan Once Mekel, yang melihat Ganjar sangat peka terhadap persoalan-persoalan secara menyeluruh. Selain itu, ia membaca karakter politikus berambut putih itu peduli dengan rakyat. Hal itu dibuktikan Ganjar selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode.

"Mas Ganjar punya kepedulian hal yang detail, tidak hanya normatif tapi deskriptif. Saya yakin dengan populasi di Jateng dan dua periode menjabat beliau berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mendidik kesehatan ibu, infrastruktur. Dan itu modal besar untuk membangun Indonesia," ujar eks vokalis Dewa 19.

Sementara itu, Hamid Basyaib mengatakan kelahiran buku "Membongkar Pikiran Ganjar" termotivasi karena menurutnya hanya Ganjar, calon presiden yang mampu menawarkan gagasan dan rencana yang operasional, serta dapat diwujudkan untuk Indonesia ke depan.

"Sejauh ini kita belum lihat capres mana pun yang seperti itu kecuali Mas Ganjar. Jadi saya mengupayakan ini dengan menguaraikan pemikiran Mas Ganjar sebagai calon presiden," tuturnya.

Ada delapan pemikiran utama dalam buku tersebut. Antara lain Indonesia maju makmur, penegakan hukum, pertahanan dan keamanan negara, kemajuan Iptek, kesenian dan kebudayaan, posisi agama dan sikap pemerintah, serta strategi besar politik luar negeri. "Saya yang menulis tapi semua ide dari beliau saya hanya membantu menulis. Datanya dari obrolan dengan beliau, staf terdekat, sumber resmi dari website Pemprov Jateng, dan pemberitaan." katanya.

"Saya rasa ini sebagai solusi. Dia sudah buktikan di Jawa Tengah selama 10 tahun. Jateng bukan main-main, 30-an juta penduduknya itu miniatur Indonesia," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)