Tak Perlu Takut dan Alergi pada AI, Jokowi: Manusia Punya Hati dan Rasa, Mesin Enggak

Jum'at, 15 September 2023 - 11:18 WIB
loading...
Tak Perlu Takut dan Alergi pada AI, Jokowi: Manusia Punya Hati dan Rasa, Mesin Enggak
Presiden Jokowi meminta masyarakat tidak takut dengan kemajuan teknologi khususnya pada kemunculan Artificial Intelligent (AI). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak takut dengan kemajuan teknologi khususnya pada kemunculan Artificial Intelligent (AI).

"Ini saya minta sekali lagi jangan alergi dengan teknologi. Jangan hindari perubahan teknologi. Jangan takut dengan mesin cerdas, dengan AI," kata Jokowi dalam pidatonya pada Dies Natalis ke-60 IPB, Jumat (15/9/2023).

Jokowi menceritakan, saat pertemuan dengan negera-negara lain pada G7 hingga KTT ASEAN banyak pemimpin negara yang menceritakan ketakutannya pada AI.

"Kemarin waktu di G7, waktu di G20, waktu di ASEAN Summit. semuanya berbicara mengenai AI takut sekali semua negara mengenai AI. Regulasinya belum ada, aturan mainnya belum ada, AI-nya terus lari terus, ubah-ubah terus. semua dibicarakan. Artinya memang ya kita harus mengantisipasi dan bersiap diri," kata Jokowi



Jokowi menegaskan masyarakat untuk tidak takut dengan kehadiran AI. Dirinya meyakini dan percaya teknologi tidak akan bisa mengalahkan manusia. "Teknologi tak akan bisa mengalahkan manusia karena mesin cuma punya chip, tapi manusia punya hati, punya rasa, mesin nggak punya. Saya percaya ciptaan Allah SWT akan selalu lebih unggul dan lebih mulia," tegasnya.

Jokowi berharap IPB dapat mencetak generasi-generasi muda Indonesia yang unggul, kompeten dan memiliki akhlak yang baik dan bisa membantu Indonesia dalam melewati tantangan besar kedepannya.

"Oleh sebab itu saya ingin IPB jadi sarana untuk menghasilkan insan-insan unggul yang tidak hanya kompeten di akademik, tapi juga punya karakter yang baik, memiliki akhlak yang baik, yang cinta Tanah Air, yang punya optimisme tinggi yang selau ingin membantu sesama. Dan saya yakin IPB University sangat bisa mengambil peran itu," kata Jokowi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8888 seconds (0.1#10.140)