5 Jenderal TNI yang Memiliki Gelar MSc, Nomor Terakhir Sandang Bintang Empat

Kamis, 14 September 2023 - 12:39 WIB
loading...
5 Jenderal TNI yang Memiliki Gelar MSc, Nomor Terakhir Sandang Bintang Empat
Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa memiliki gelar Master of Science. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada banyak jenderal TNI yang memiliki gelar M.Sc. atau Master of Science. Salah satunya adalah mantan Panglima TNI .

Pendidikan merupakan hal penting bagi setiap individu. Tak hanya masyarakat umum, hal ini juga berlaku bagi para jenderal TNI. Mereka juga tidak melupakan pendidikan umum dan turut menamatkannya hingga jenjang tinggi.

Ada beberapa gelar pendidikan yang dimiliki jenderal TNI, salah satunya adalah Master of Science (M.Sc). Tercatat, sejumlah nama diketahui menyandang gelar S2 ini di belakang namanya. Berikut ulasannya.

Jenderal TNI yang Memiliki Gelar M.Sc.


1. Letjen TNI Maruli Simanjuntak

5 Jenderal TNI yang Memiliki Gelar MSc, Nomor Terakhir Sandang Bintang Empat


Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, dia tengah mengemban tugas sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).



Melihat riwayatnya, Maruli diketahui sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) 1992. Sepanjang karier militernya, menantu Luhut Binsar Pandjaitan ini telah banyak menyemat posisi strategis di TNI.

Antara lain seperti Kasdam IV/Diponegoro (2018), Danpaspampres (2018-2020), Pangdam IX/Udayana (2020-2022), hingga Panglima Kostrad yang masih aktif dijabatnya sampai sekarang.

2. Letjen TNI (Purn) Chandra W. Sukotjo

5 Jenderal TNI yang Memiliki Gelar MSc, Nomor Terakhir Sandang Bintang Empat


Letnan Jenderal TNI (Purn) Chandra Warsenanto Sukotjo, M.Sc. merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988. Sebelum pensiun dari militer, dia sempat menjabat Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad).

Chandra W. Sukotjo lahir pada 14 Januari 1965. Dia mengawali karier militernya sebagai Waka Instalasi Tuntibmil Pomdam II/Sriwijaya.



Sebelum menyemat posisi Danpuspomad, Chandra juga telah banyak menempati jabatan strategis lain di militer. Di antaranya seperti Direktur Amerika & Eropa Deputi Intelijen Luar Negeri BIN (2014), hingga Deputi I Bidang Intelijen Luar Negeri BIN (2017).

3. Mayjen TNI Harfendi

5 Jenderal TNI yang Memiliki Gelar MSc, Nomor Terakhir Sandang Bintang Empat


Berikutnya ada nama Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc. Saat ini, dia aktif bertugas sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana.

Pada riwayatnya, Harfendi diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989. Melihat sepak terjangnya di militer, jenderal TNI bintang dua ini juga sudah banyak mencicipi posisi strategis.

Di antaranya seperti Kasdam IX/Udayana (2021-2022), Pa Sahli Tk. II KSAD Bidang Polkamnas (2022-2023), hingga Koorsahli Panglima TNI (2023).

4. Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra

5 Jenderal TNI yang Memiliki Gelar MSc, Nomor Terakhir Sandang Bintang Empat


Letjen TNI (purn) Muhammad Herindra, M.A., M.Sc. merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Dalam riwayatnya, dia adalah lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1987 dan menerima penghargaan Adhi Makayasa.

Melihat sepak terjangnya di TNI, Herindra pernah menempati sejumlah posisi strategis di militer. Sebut saja seperti Danjen Kopassus (2015-2016), Pangdam III/Siliwangi (2016-2017), Irjen TNI (2018-2020), hingga Kasum TNI (2020).



Pasca pensiun dari militer, Herindra ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pertahanan Indonesia sejak Desember 2020 lalu. Pada tugasnya ini, dia membantu dan mendampingi Menhan RI Prabowo Subianto.

5. Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa

5 Jenderal TNI yang Memiliki Gelar MSc, Nomor Terakhir Sandang Bintang Empat


Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D, adalah mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang menjabat pada periode 2021-2022. Usai pensiun dari militer, baru-baru ini, dia ditunjuk menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024.

Tak hanya riwayat karier militernya yang moncer, Andika Perkasa juga memiliki banyak gelar pendidikan umum. Setelah menamatkan pendidikan S1 di universitas dalam negeri, dia meraih gelar S2 serta S3 di luar negeri.

Andika diketahui menempuh pendidikan magisternya di National War College, National Defense University, Washington DC AS pada 2003 dan Harvard University di tahun 2004. Kemudian, dia juga mengejar gelar doktoral di The George Washington University pada 2005.

Itulah sejumlah nama jenderal TNI yang memiliki gelar M.Sc.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2555 seconds (0.1#10.140)