Ganjar Pranowo Dinilai Menginginkan Guru Hidup Layak

Senin, 11 September 2023 - 22:42 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Dinilai Menginginkan Guru Hidup Layak
Politikus PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira. FOTO/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira menilai Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menginginkan semua guru di Tanah Air mendapatkan penghidupan yang layak. Maka itu, mantan Gubernur Jawa Tengah itu punya gagasan gaji guru bisa mencapai Rp30 juta per bulan.

Andreas mengatakan, selama ini semua mengakui pentingnya guru untuk pembangunan sumber daya manusia. Namun faktanya, profesi guru sebagai elemen terpenting dalam proses pendidikan belum mendapat perhatian yang layak dari negara.

"Gagasan ini (gaji guru Rp30 juta) merupakan terobosan untuk memberikan apresiasi yang pantas kepada profesi guru," ujar Andreas, Senin (11/9/2023).

Dia berpendapat, Ganjar memahami pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang salah satunya peningkatan di aspek pendidikan. Dan kalau bicara pendidikan, tentu gaji dan tunjangan guru menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

"Mas Ganjar melihat pentingnya pembangunan. Kalau bicara pembangunan SDM tentu bicara tentang pendidikan, dan bicara pendidikan, tentu gaji dan tunjangan guru menjadi core subjek pendidikan," ujar Andreas.

Andreas juga mengomentari tantangan dari pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisaksi Trubus Rahardiansyah agar Ganjar menjelaskan secara lebih rinci gagasan itu. Menurut dia, tantangan itu bagus untuk memacu semua pihak berpikir dan membuat kebijakan yang pro-pembangunan pendidikan.

"Karena kalau perintah UUD 20% APBN dialokasikan untuk pendidikan, seharusnya ini bukan tidak mungkin," pungkas Andreas.

Diketahui, guru merupakan pilar bagi pendidikan anak bangsa. Peran pahlawan tanda jasa tidak dapat dilepaskan dari keberhasilan pendidikan.

Keberhasilan pendidikan akan memberikan manfaat bagi kemajuan negara. Tanpa adanya guru, tidak mungkin akan tercetak sumber daya manusia yang berkualitas.

Namun, penghargaan yang diterima guru masih sangat rendah meski keberadaannya menjadi penentu dalam pendidikan. Hal itu terlihat dari jumlah pendapatan seorang guru di Indonesia. Bahkan, guru-guru honorer atau yang bekerja di daerah terpencil tidak mendapatkan penghasilan yang layak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)