Ketua MK Anwar Usman Kisahkan Nabi Muhammad Angkat Panglima Perang Berusia 17 Tahun

Senin, 11 September 2023 - 17:20 WIB
loading...
Ketua MK Anwar Usman Kisahkan Nabi Muhammad Angkat Panglima Perang Berusia 17 Tahun
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE UNNISULA
A A A
JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi ( MK ) Anwar Usman menyatakan, uji materi tentang batas usia calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) telah selesai diperiksa. Saat ini tinggal menunggu diputuskan.

Menurut Anwar Usman, tidak ada putusan hakim yang bisa memuaskan semua pihak. Pro-kontra akan selalu ada.

"Masalah usia batas minimal, saya sekali lagi tidak bermaksud, karena belum putus ya ini. InsyaAllah, pemeriksaannya sudah selesai tinggal nunggu putusan," kata Anwar Usman dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Universitas Islam Agung @unnisula dikutip, Senin, (11/9/2023).



Dalam video itu, Anwar menuturkan kisah Nabi Muhammad SAW yang mengangkat Panglima perang bernama Muhammad Al Fatih. Saat itu, Muhammad Al Fatih masih berusia 17 tahun.

"Saya sudah kasih contoh tadi bagaimana Nabi Muhammad mengangkat seorang panglima perang umurnya belasan tahun, Muhammad Al Fatih yang melawan kekuatan Bizantium menjadikan mendobrak Konstantinopel sekarang menjadi Istanbul. Usianya berapa? 17 tahun," katanya.

Anwar menegaskan, contoh yang dikemukakan tidak bermaksud menyinggung atau dikaitkan dengan uji materiil batas usia capres-cawapres. Sebab, saat ini uji materi masih tahap persidangan.

"Saya tidak menyinggung apa pun putusannya, jangan dikaitkan dulu, ini nggak boleh saya lagi bicara. Tapi memang betul, banyak (pemimpin berusia muda)," katanya.



Anwar Usman kembali mencontohkan pemimpin berusia muda lain yakni Perdana Menteri Inggris atau Britania Raya. Sebagai informasi, Perdana Menteri Britania Raya adalah Rishi Sunak yang kini berusia 43 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)