Puncak Musim Hujan Diperkirakan pada Januari-Februari 2024

Jum'at, 08 September 2023 - 14:42 WIB
loading...
Puncak Musim Hujan Diperkirakan pada Januari-Februari 2024
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan pada Januari-Februari 2024. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) memperkirakan puncak musim hujan pada Januari-Februari 2024. BMKG menyampaikan datangnya musim hujan pada awal 2024 dikarenakan El Nino akan bertahan dalam level moderat pada Desember hingga Februari 2024.

Kemudian, selain El Nino yang datang dari samudera pasifik, Indonesia juga akan mengalami IOD Positif yang akan bertahan hingga akhir 2023. BMKG menyampaikan musim hujan di Indonesia dimulai pada November 2023.

"Jadi secara umum, musim hujan akan diprediksi terjadi pada bulan November 2023. Namun karena tingginya keragaman iklim di Indonesia, menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi persnya, Jumat (8/9/2023).





Dia mengatakan kedatangan musim hujan pun akan bertahap di sejumlah wilayah di Indonesia. Ia menyampaikan saat ini pun sejumlah zona di Indonesia mulai mengalami musim hujan.

"Di Indonesia sebagian sudah mengalami musim hujan yaitu sebagian besar Aceh yang lebih dekat ke zona Asia, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau," katanya.

Lebih lanjut, setelah musim hujan yang terjadi di bagian paling barat di Indonesia, Dwikorita mengatakan nantinya akan berurutan bahwa musim hujan akan terjadi di Kalimantan, Jawa dan bertahap mendominasi seluruh wilayah Indonesia.

"Jadi musim hujan ini akan terjadi secara serentak merata di Indonesia pada periode Maret hingga April 2024," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)