Ibu Negara Korsel Menikmati Kunjungan ke Istana Batu Tulis Bogor

Kamis, 07 September 2023 - 21:49 WIB
loading...
Ibu Negara Korsel Menikmati Kunjungan ke Istana Batu Tulis Bogor
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bersama Ibu Negara Korea Selatan (Korsel) Kim Keon Hee di Istana Batu Tulis, Bogor, Kamis (7/9/2023) sore. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Ibu Negara Korea Selatan ( Korsel ) Kim Keon Hee bertemu di Istana Batu Tulis , Bogor, Kamis (7/9/2023) sore. Megawati menyebut Kim sangat menikmati kunjungannya di tempat bersejarah ini.

Megawati menuturkan, saat dirinya bertemu di Korea Selatan, Kim Keon Hee menyatakan ingin berkunjung ke Istana Batu Tulis ketika ada kesempatan datang ke Jakarta.

"Beliau ini menurut saya sangat senang seni, seperti arsitektur. Kalau tadi beliau melihat sangat kagum, karena rumah ini dibuat sendiri oleh Bung Karno. Kalau tidak salah dimulai tahun 1960," kata Megawati usai menerima Ibu Negara Korea Selatan (Korsel) Kim Keon Hee.



Untuk diketahui, Megawati memang kerap berkunjung ke Korsel dan juga Korea Utara. Ia pernah mendapat amanah sebagai special envoy untuk perdamaian Semenanjung Korea. Saat membawa misi perdamaian, Megawati ke Korut pada Maret 2002 dan lanjut ke Korsel pada April 2002.

Megawati juga tercatat sebagai undangan untuk menghadiri pelantikan Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol yang merupakan suami Kim pada Mei 2022. Di pendopo Istana Batu Tulis, foto kunjungan Megawati saat pelantikan Presiden Yoon diperlihatkan Megawati ke Kim Keon.

Megawati menceritakan juga isi percakapannya dengan Kim soal ketertarikannya untuk menginap di Istana Batu Tulis. Percakapan itu saat mereka memandang Gunung Salak dan Sungai Cisadane.

"Memang benar. Karena saya bilang kebun ini besar sampai ke belakang. Takutnya tidak cukup waktu. Saya bilang silakan kalau kapan-kapan datang lagi. Beliau seperti menganggap saya ibunya. Saya bilang silakan kalau mau menginap di sini. Tadi saya tunjukkan sebuah kamar yang bisa untuk ditempati," kata Megawati sambil tersenyum.

Megawati mengatakan, Ibu Negara Korsel sangat puas atas kunjungannnya ke Istana Batu Tulis. Bahkan mereka berdua berpose berdiri di depan lukisan Bung Karno. Saat tiba, keduanya berpose duduk tapi saat akan pulang, sambil berdiri. Pukul 19.20 WIB, Megawati melepas Ibu Negara Korsel.

"Beliau senang sekali dan kagum dengan Istana Batu Tulis," ujar Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

"Beliau benar-benar ingin menikmati kunjungan ini dan minta supaya acara ini tertutup untuk media," kata Megawati.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)