Pemilu 2024, Jumlah Bacaleg Perempuan Partai Perindo Capai 42%

Kamis, 07 September 2023 - 17:47 WIB
loading...
Pemilu 2024, Jumlah Bacaleg Perempuan Partai Perindo Capai 42%
Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPP Partai Perindo Santi Paramita dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Kamis (7/9/2023). FOTO/MPI/CARLOS ROY FAJARTA
A A A
JAKARTA - Jumlah porsi bakal calon anggota legislatif (caleg) perempuan Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) pada Pemilu 2024 mencapai 42%.

Hal ini diungkapkan Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPP Partai Perindo Santi Paramita dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia yang mengangkat tema 'Peran Penting Pemilih Perempuan dalam Pemilu 2024' dan ditayangkan secara daring melalui akun media sosial Partai Perindo, Kamis (7/9/2023).

Santi yang juga bakal caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 8 (Kemang, Bangka, Mampang Prapatan, Pejaten, Jagakarsa) Partai Perindo menyebutkan langkah Partai Perindo yang mempercayai perempuan untuk menjadi bakal caleg perlu diapresiasi dan dicontoh partai politik lainnya.



"Bacaleg perempuan Partai Perindo hampir 42% itu sangat baik. Supaya partai-partai lain seperti itu juga, ini menjadi tahap awal kita lolos ke Parlemen," kata Ketua DPP Perindo, partai ditetapkan oleh KPU dengan nomor urut 16 dalam kertas suara Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2024 ini.

Menurutnya, apabila partai politik memiliki kepercayaan dan mendukung perempuan untuk bisa menjadi bakal caleg maka hal tersebut menjadi sebuah kemajuan bagi kesetaraan gender laki-laki dan perempuan.

"Kalau dari partai politik sendiri sudah membuka pintu untuk para bacaleg ini lebih banyak porsinya, maka kesempatan untuk masuk ke parlemen akan lebih banyak," kata caleg Perindo, partai memiliki nilai dan visi pergerakan merangkul anak-anak muda agar bisa produktif, solutif, modern, bersih dan berintegritas demi Indonesia maju dan sejahtera ini.

Dalam Pemilu 2019, caleg perempuan baru terwakili 20% dan kini sudah meningkat dua kali lipat dimana Partai Perindo memberikan kesempatan bagi Bacaleg perempuan sebanyak-banyaknya.



"Artinya kita sebagai bacaleg perempuan dipercaya dan diberikan kesempatan untuk menjadi caleg. Harapannya ketika di Pemilu 2024, agar banyak perempuan lolos masuk ke parlemen lebih dari Pemilu yang lalu, minimal 30 persen tercapai," ucap kader Perindo, partai yang dipimpin oleh Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan telah menyatakan dukungannya kepada Bacapres Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 ini.

Santi mengungkapkan ada beberapa faktor pemilih, tapi ia meyakini bakal caleg perempuan harus mempunyai kemampuan yang lebih dan bisa meyakinkan pemilih bahwa perempuan dapat berbuat sesuatu dan bisa berkontribusi, maju, memiliki kapasitas dan berani berjuang.

"Kita juga akan melakukan sosialisasi kepada mereka, bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang sama," kata caleg Perindo, partai yang selama ini dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, gigih berjuang untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)