Menhub Yakin Kemacetan Brexit Tak Terulang Saat Mudik Lebaran

Senin, 03 April 2017 - 22:35 WIB
Menhub Yakin Kemacetan Brexit Tak Terulang Saat Mudik Lebaran
Menhub Yakin Kemacetan Brexit Tak Terulang Saat Mudik Lebaran
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyiapkan rencana mudik Lebaran sedini mungkin sudah tepat.

Menurut Budi, pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak khususnya kepolisian untuk mengantisipasi titik-titik yang rawan kemacetan seperti exit tol di wilayah Brebes, Jawa Tengah atau Brexit.

‎"Khusus Brexit kita kerja sama Polri, kita lakukan pembatasan kapasitas dan juga mengumumkan kepada masyarakat bahwa bukan satu-satunya jalan. Bisa lewat utara, selatan‎," ujar Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Menurutnya, masalah kemacetan di Brexit memang menjadi hal yang tengah diatur oleh Kementerian Perhubungan dan Polri. Ia meyakini kasus kemacetan yang panjang di Brexit tidak akan terulang di Lebaran tahun ini.

Budi menilai, kemacetan panjang yang terjadi di Brexit pada Lebaran lalu karena kurangnya koordinasi. Menurutnya, pemerintah tak menyangka jika pemudik seluruhnya mengambil jalur Brexit.

"Waktu itu kita kira Brexit bisa nampung semuanya. Coba kalau orang dikasih tahu jalan darat utara, selatan bisa, enggak akan gitu," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8935 seconds (0.1#10.140)