Presiden Jokowi Resmi Buka KTT Ke-43 ASEAN

Selasa, 05 September 2023 - 10:44 WIB
loading...
Presiden Jokowi Resmi Buka KTT Ke-43 ASEAN
Presiden Jokowi bersama pemimpin negara lain saat pembukaan KTT Ke-43 ASEAN dan KTT lainnya pada Selasa 5 September 2023. Pelaksanaan KTT Ke-43 ASEAN digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan. Foto: Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka KTT Ke-43 ASEAN dan KTT lainnya pada Selasa 5 September 2023. Pelaksanaan KTT Ke-43 ASEAN digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim KTT Ke-43 ASEAN dan KTT lainnya dengan ini resmi saya nyatakan dibuka," kata Jokowi.

Jokowi sangat senang dengan kedatangan para pemimpin ASEAN di Jakarta hari ini. Masyarakat Indonesia senang menyambut keluarga besar ASEAN.



"Saya yakin tidak hanya Indonesia, tapi seluruh negara anggota ASEAN memiliki rasa kebanggaan yang sama, memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap keluarga yang kita beri nama ASEAN," ujarnya.

Jokowi mengaku sering mendengar pertanyaan mengenai terpecahnya kapal ASEAN.

"Memang akhir-akhir ini saya sering mendengar pertanyaan publik terkait ASEAN yaitu apakah ASEAN akan terpecah dan tidak bisa bersatu? Apakah kapal ASEAN mampu terus melaju?" katanya.

"Yang Mulia pada momentum yang baik ini sebagai anggota keluarga dan sebagai ketua ASEAN saya ingin menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik," tegasnya.

Menurut Jokowi, kesatuan untuk diartikan tidak ada perbedaan pendapat. Sebab, sebagai negara yang memiliki beragam suku, budaya, bahasa, dan agama bagi Indonesia kesatuan itu adalah sebuah harmoni dalam perbedaan.

"Termasuk di dalamnya perbedaan pendapat. Karena perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi, justru menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)