Bertemu Mahasiswa, Setya Novanto Ceritakan Pengalaman Jadi Sopir

Sabtu, 25 Maret 2017 - 17:19 WIB
Bertemu Mahasiswa, Setya Novanto Ceritakan Pengalaman Jadi Sopir
Bertemu Mahasiswa, Setya Novanto Ceritakan Pengalaman Jadi Sopir
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto bertemu mahasiswa dan civitas akademika Sekolah Tinggi Ekonomi Sumatera Barat, Pariaman, Sabtu (25/3/2017) siang.

Novanto hadir dalam acara forum seminar nasional yang membahas seputar penguatan ekonomi mikro dan UMKM. Dalam acara itu, dia memberikan motivasi dan berbagi pengalaman dengan para mahasiswa.

Politikus Golkar itu mengajak kalangan muda, khususnya para mahasiswa agar tidak takut untuk berwirausaha. "Selain belajar di kampus, mahasiswa juga sebaiknya memulai bisnis sekecil apapun," kata Novanto dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Sabtu (25/3/2017).

Untuk memotivasi para mahasiswa, Novanto menceritakan pengalaman dirinya ketika berkuliah di Surabaya, Jawa Timur. "Saat mahasiswa, agar tidak perlu membayar kos, saya menjadi sopir keluarga di tempat saya tinggal. Saya juga jadi pembantu, membersihkan rumah, dan lainnya. Pagi hari sebelum menjadi sopir mengantar anak-anak tuan rumah ke sekolah, jam 4 pagi saya jualan beras di pasar Surabaya. Dari situ saya mulai kumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk keperluan kuliah," tutur politikus Golkar itu dalam keterangan tertulisnya.

Kendati demikian, Novanto mengaku tidak kehilangan percaya diri atau minder. Bahkan, dirinya mengaku pernah menjadi tukang cuci mobil salah satu dealer di Surabaya.

Singkat cerita, kata dia, suatu hari pemilik dealer menanyakan kepadanya tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan mobil dan menaikan omset perusahaan.

"Karena saya kuliah mengambil akuntansi, saya sedikit banyak tahu tentang perekonomian. Alhamdulillah, akhirnya saya dipercaya menjadi Ketua penjualan mobil Indonesia bagian timur di perusahaan tersebut," tutur Novanto.

Menurut Novanto, kariernya hingga menjadi pengusaha dan Ketua DPR tidak terlepas dari semangat dan kerja kerasnya. "Darimanapun asal usul adik-adik mahasiswa semua, dari latar belakang keluarga yang mampu atau tidak mampu, di hadapan Tuhan, status sosial kita sama. Karena itu, jangan pernah kehilangan kepecayaan diri dan jangan pernah takut melangkah" ujar Novanto.

Novanto mengaku kagum dengan masyarakat Minangkabau yang dinilainya memiliki etos kerja yang tinggi, terutama dalam hal perdagangan. Semangat inilah yang akan menumbuhkan para wirausahawan dari berbagai tingkatan.

Khusus mengenai penguatan usaha Mikro dan UMKM, Novanto mengajak semua para pelaku usaha di tanah Minangkabau untuk memanfaatkan program pemerintah berupa pemberian subsidi bunga untuk kredit usaha rakyat (KUR).

Dia mengatakan, upaya pemerintah mendorong KUR melalui kebijakan subsidi bunga adalah langkah strategis, tidak hanya untuk memajukan UMKM, melainkan juga untuk menyelamatkan perekonomian nasional dari ancaman pertumbuhan rendah dan minimnya kesempatan kerja.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8179 seconds (0.1#10.140)