KPU Sebut Persiapan E-Voting Dilakukan Bertahap

Selasa, 14 Maret 2017 - 22:10 WIB
KPU Sebut Persiapan E-Voting Dilakukan Bertahap
KPU Sebut Persiapan E-Voting Dilakukan Bertahap
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan, pelaksanaan pemilihan berbasis elektronik (e-voting) di Indonesia, harus dilakukan secara terukur dan matang.

Untuk saat ini arah penerapan e-voting telah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi di setiap tahapan pelaksanaan pemilihan umum (pemilu), maupun pemilihan kepala daerah (pilkada).

"KPU sudah menyusun roadmap-nya. Sudah membuat prakondisi ke arah sana dengan cara membuat seluruh tahapan pemanfaatan teknologi informasi," kata Ketua KPU Juri Ardiantoro, di Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Salah satu pemanfaatan teknologi informasi yang sudah dan cukup berhasil diaplikasikan menurut Juri adalah, scan C1 yang disimpan dalam sistem informasi penghitungan (situng).

Menurut dia, semangat penerapan situng adalah persiapan menuju pemilihan berbasis elektronik, di mana KPU coba menanamkan kepercayaan di masyarakat tentang proses penghitungan berjenjang.

"Karena KPU punya pandangan bahwa salah satu yang harus dibenahi dalam pemilu itu adalah potensi terjadi kecurangan di dalam pengiriman hasil pemungutan suara dalam rekap, itulah yang harus diperbaiki," ucap Juri.

Juri berharap, tahun-tahun ke depan penerapan e-voting bisa diterapkan di Indonesia, dengan catatan harus didukung dengan kesiapan di setiap sisi berikut SDM dan perlengkapannya.

"Ada saatnya nanti ketika KPU harus putuskan bahwa pemilu harus sudah saatnya gunakan e-voting, maka kita sudah bisa. Maka prakondisi itu harus sudah dilakukan, sosialisasi dan sejenisnya," pungkas Juri.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8049 seconds (0.1#10.140)