Erick Thohir Dinilai Punya Modal Potensial Jadi Cawapres 2024

Selasa, 29 Agustus 2023 - 04:14 WIB
loading...
Erick Thohir Dinilai Punya Modal Potensial Jadi Cawapres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir merupakan salah satu tokoh yang masuk bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir merupakan salah satu tokoh yang masuk bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu dinilai punya modal potensial menjadi calon RI-2.

Dia dianggap konsisten menunjukkan kepemimpinan yang teruji. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai Erick Thohir semakin menjadi pilihan publik lantaran memiliki kompetensi kepemimpinan yang teruji.

Kepemimpinan yang dimaksud tidak hanya di BUMN, namun juga selama memimpin PSSI. "Saya lihat Erick Thohir ini mempunyai kekuatan leadership (kepemimpinan) yang sangat luar biasa,” ujar Adi, Senin (28/8/2023).





Adapun kepemimpinan Erick Thohir dinilai berhasil menghadirkan transformasi besar di tubuh Kementerian BUMN. Kerja positif Erick Thohir dianggap sukses menambah kenaikan laba BUMN hingga Rp303,7 triliun serta dividen untuk negara mencapai Rp80 triliun.

Bersih-Bersih BUMN gebrakan Erick Thohir juga dinilai berhasil membongkar kasus dugaan korupsi di Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast, dan Pelindo. Pada era kepemimpinannya, ekonomi masyarakat makin bergeliat lewat program, kebijakan pro rakyat kecil.

Erick Thohir juga dinilai banyak menghadirkan kerja-kerja yang mengundang banyak prestasi besar selama terpilih menjadi Ketua Umum PSSI hingga saat ini. Dimulai dari komitmen Erick Thohir memberantas praktik oknum mafia bola dengan menggandeng Polri membentuk Satgas Mafia Bola.

Kemudian, lanjutkan dengan mengaudit keuangan PSSI bermitra bersama firma ternama yakni Ernst & Young. Untuk membangun kompetisi yang sehat Erick Thohir juga melakukan kerja sama dengan federasi sepak bola Jepang (JFA) dan Jerman (DFL).

Imbas positifnya, di era kepemimpinan Erick Thohir Timnas U-22 Indonesia sukses membawa pulang medali emas pada SEA Games 2023 di Kamboja. Indonesia pun dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Maka itu, menurut dia, tidak berlebihan bila Erick Thohir dapat disebut sebagai figur pemimpin yang sudah sangat teruji. Kompetensinya sangat mumpuni untuk dapat diusung sebagai cawapres pada pemilihan presiden dan wakil presiden mendatang.

“Modal semacam ini membuat Erick berpotensial menjadi cawapres yang akan datang," pungkas Adi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)