Ganjar Pranowo Bakal Sat-set Lanjutkan Pembangunan Era Jokowi

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 20:29 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Bakal Sat-set Lanjutkan Pembangunan Era Jokowi
Bakal capres Ganjar Pranowo bersama Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat Apel Deklarasi Calon Presiden Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (25/8/2023) malam. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengapresiasi capaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembangunan nasional. Sebagai pemegang mandat PDIP untuk meneruskan program pembangunan, Ganjar pun menyadari dirinya harus bisa bergerak lebih cepat agar masyarakat bisa merasakan dampak positif pembangunan.

"Saya harus sat-set memperluas konektivitas dan integrasi domestik yang kuat dan efisien. Baik konektivitas laut, darat, dan udara; konektivitas perdesaan dan perkotaan; konektivitas Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Timur; serta Pembangunan kawasan khusus," kata Ganjar saat Apel Deklarasi Calon Presiden Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (25/8/2023) malam.

Ganjar akan berlari untuk mengakselerasi transformasi digital di berbagai bidang termasuk transportasi dan logistik, ekonomi dan keuangan digital, pemerintahan digital, kota pintar, serta kesehatan dan pendidikan digital. "Untuk sektor pertanian, kita juga mesti menuntaskan reforma agraria untuk mendukung kekuatan produktivitas petani," ujar Ganjar.



Sementara di bidang perlindungan sosial, menurut Ganjar, pemerintah ke depan harus memperkuat jaminan sosial yang bertumpu kepada gotong royong BPJS. "Sehingga kesehatan yang layak dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat dengan fasilitas terbaik," katanya.

Hal lain yang harus diperkuat adalah capaian penurunan stunting sebesar 21,6% yang masih di atas standar WHO sebesar 20%. "Inilah PR besar yang mesti segera kita garap serius agar mempercepat penurunan stunting hingga di bawah 5%," kata Ganjar.

Ganjar menegaskan, percepatan program-program kerja juga harus dilakukan untuk inovasi ekonomi hijau. Dia menyampaikan, saat ini skor Indonesia dalam Green Growth Index (GGI) pada tahun 2022 sebesar 57,36, sudah lebih tinggi dari rerata global sebesar 54,83.



"Prestasi ini bisa ditingkatkan dengan akselerasi transisi energi berkeadilan, transportasi ramah lingkungan, dan penerapan ekonomi sirkuler," papar Ganjar.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberi arahan secara virtual agar seluruh kader partai berjuang memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Menurut Megawati, jika PDIP menang di Pileg dan Pilpres, komitmen partai mengentaskan kemiskinan dan anak terlantar bisa terlaksana dengan lancar.

"Terus bergerak tanpa ragu-ragu, jangan tolah-toleh lagi dan memperjuangkan ke titik kebenaran untuk rakyat. Maka kita pasti dapat menorehkan kemenangan," ujar Megawati.

Megawati juga meminta seluruh kader lebih dekat dengan rakyat. Mereka meminta semua anggota struktural dari tingkat paling atas hingga bawah turun untuk meyakinkan masyarakat atau akar rumput.

"Bergeraklah dengan penuh keyakinan politik. Kita semua percaya, ketika kita hadir tanpa menjaga jarak dan menyatu dalam urat nadi kehidupan rakyat, itulah jalan kemenangan," tegas Megawati.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3811 seconds (0.1#10.140)