Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 06:54 WIB
loading...
A A A
Perkembangan situasi ini membuat penyambutan Presiden Jokowi di Bandara Internasional Adi Sumarmo Boyolali lebih ketat. Mulai dari saat penjemputan, perjalanan, hingga di kediaman Presiden Jokowi yang terletak di Kecamatan Sumber, Surakarta, pengamanan wilayah tampak lebih banyak dari biasanya.



Walaupun kepolisian memperkirakan tidak akan ada aksi lanjutan pelaku teror, namun karena yang datang seorang kepala negara, aparat keamanan wilayah tak mau ambil risiko. Aparat kepolisian menggelar pengamanan di sepanjang rute yang dilalui Presiden lebih banyak dari biasanya. Demikian pula Paspampres melakukan perkuatan pengamanan lebih banyak di kediaman Presiden dan keluarga.

Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo


"Anggota Grup A Paspampres saya perintahkan untuk melakukan beberapa modifikasi pengamanan di sekitar kompleks perumahan Sumber. Pembatasan akses jalan masuk ke perumahan dan patroli di seputaran lingkar dalam kompleks dilakukan Paspampres," katanya.

Sedangkan, untuk pengamanan lingkar luar kediaman dilakukan oleh pengamanan wilayah dari Komando Distrik Militer (Kodim) Surakarta. Menjelang waktu Salat Asar seluruh pengamanan di pos pintu masuk perumahan dicek.

"Saya mendengar suara orang mengaji dari masjid sekitar kompleks. Saat itu saya baru sadar bahwa hari itu adalah hari Kamis, dan besok Presiden harus Salat Jumat. Langsung saya teringat kebiasaan Presiden Jokowi kalau Salat Jumat di Solo. Beliau selalu memilih sendiri masjid yang akan dituju," ujarnya.

Beberapa kali Salat Jumat di Solo, masjid ditentukan setelah beliau menaiki mobil walaupun sebelumnya ajudan telah menanyakan masjid yang akan didatangi. Jawaban Presiden Jokowi, "Nanti saya tentukan."

Kebiasaan seperti ini membuat pengamanan di lokasi Salat Jumat menjadi terburu-buru. Pengamanan dari Paspampres dan wilayah tentu tak punya waktu banyak untuk melakukan prosedur tetap pengamanan yang semestinya. Padahal, masjid yang dipakai Jumatan Presiden tidak akan 100% steril.

Alasan Presiden Jokowi menentukan masjid saat sudah di mobil karena beliau merasa Solo adalah kota yang sangat dikenalnya sehingga Presiden Jokowi ingin berbaur dengan masyarakatnya. Apalagi selama ini salat berlangsung lancar dan aman-aman saja. Namun, kali ini, Jumatan hanya berselang dua hari setelah peristiwa aksi terorisme yang menggemparkan Indonesia, khususnya Kota Solo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)