KH Cholil Nafis: Boleh Saja Membangun Patung untuk Mengenang Sejarah, Tapi...

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 18:51 WIB
loading...
KH Cholil Nafis: Boleh Saja Membangun Patung untuk Mengenang Sejarah, Tapi...
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis menilai boleh saja membangun patung untuk mengenang sejarah. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis menilai boleh saja membangun patung untuk mengenang sejarah. Namun, dia tidak setuju jika pembangunannya memakan biaya yang mahal.

“Saya melihatnya boleh saja membangun patung sebagai karya seni dan mengenang sejarah. Tapi besar-besaran dan jumlahnya banyak bahkan biayanya besar sehingga menghabiskan banyak uang negara tentu itu pemborosan,” kata Cholil Nafis dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/8/2023).

Selain itu, pemborosan dalam pembangunan sebuah patung juga dinilanya tidak berpihak pada kepentingan umum. Bahkan, lanjut dia, mengarah pada pengkultusan satu pahlawan dan merendahkan pahlawan lainnya.



“Ini tidak adil menghormati kepada para pahlawan, dan ini sifat boros yang dilarang dalam Islam,” tuturnya.

Dia juga mengakui bahwa pembangunan patung yang akan jadi sarana ibadah dilarang. “Karena akan menyembah kepada selain Allah SWT. Tapi ketika patung sebagai karya seni pahat atau mengenang sejarah maka ulama beda pendapat,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2582 seconds (0.1#10.140)