Demi Keamanan, Polisi Rahasiakan Jalur Perjalanan Raja Salman

Selasa, 28 Februari 2017 - 15:11 WIB
Demi Keamanan, Polisi Rahasiakan Jalur Perjalanan Raja Salman
Demi Keamanan, Polisi Rahasiakan Jalur Perjalanan Raja Salman
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya telah menyiapkan jalur khusus yang akan dilalui Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dalam melakukan kunjungan ke Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu 1 Maret 2017.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan jalur yang akan dilalui oleh Raja Salman. "Semua jalur yang akan dilewati pastinya akan steril," kata Budiyanto, Selasa (28/2/2017).

Dia mengatakan, Raja Salman akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa Rabu 1 Maret 2017 akan langsung menuju Bogor. (Baca Juga: Raja Salman Ajak 25 Pangeran, Ini Daftarnya )

Kendati demikian dia memastikan Raja Salman akan melalui Tol Jagorawi. Namun dia tidak menjelaskan secara rinci teknis dan kendaraan yang akan membawanya. "Seluruhnya sudah siap, Polda Jawa Barat juga telah menyiapkan jalur di Kota Bogor yang akan dilalui," katanya.

Setelah itu, Raja akan kembali ke Jakarta dengan jalur yang juga telah disiapkan secara khusus. Kemudian, lanjut dia, Raja akan langsung ke hotel tempat menginap. "Jalurnya tentunya sudah kita siapkan dan belum bisa dibuka ke publik karena faktor keamanan," tuturnya.

Terkait kunjungan Raja Salman ke Gedung DPR pada Kamis 2 Maret 2017, polisi akan melakukan sterilisasi jalur yang digunakannya dari hotel menuju Senayan. "Pengamanan tentunya dari internal Arab Saudi dan Paspampres, kami hanya berada di ring tiga," katanya.

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bogor Kota menyiapkan rekayasa arus lalu lintas jelang kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Istana Bogor,

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Kota Komisaris Polisi Bramastyo Priadji mengatakan, petugas akan melakukan pengamanan jalur yang akan dilalui rombongan Raja Salman melewati rute gerbang Tol Bogor-Jembatan Otista-Simpang BTM-Istana Bogor.

Bramastyo mengimbau masyarakat yang akan masuk atau keluar Kota Bogor disarankan menggunakan exit gate tol Sentul Selatan atau Exit Gate tol Ciawi pada pukul 12.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. "Personel Satlantas yang dilibatkan ada 200 anggota dan dibantu dari Polda Jawa Barat," ujarnya.

Untuk lalu lintas di sekitar lokasi Istana Bogor, lanjutnya, akan ditutup sementara sebelum rangkaian rombongan Raja Salman melintas.

Raja Salman dijadwalkan akan tiba di Istana Bogor pada Rabu 1 Maret 2017 usai disambut Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.
Dalam lawatannya, Raja Salman akan membawa rombongan dalam jumlah yang cukup besar.

Rombongan terdiri atas 1.000 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Ada lima nota kesepahaman yang akan ditandatangani pemerintah kedua negara, yaitu di bidang kerja sama budaya, kesehatan, urusan Islam serta dakwah dan layanan agama, pelayanan perjalanan udara, dan perjanjian pemberantasan kejahatan.

Usai melakukan serangkaian agenda di Bogor dan Jakarta, Raja beserta rombongan dijadwalkan akan berlibur ke Bali.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6122 seconds (0.1#10.140)