Sosok Letda Silvia Octa, Perempuan Satu-satunya Teknisi Pesawat Tempur di Skatek 042 Lanud Iswahjudi

Kamis, 24 Agustus 2023 - 05:34 WIB
loading...
A A A
Selain pemeliharaan, proses upgrade jet tempur jenis F-16 menjadi lebih modern juga dilakukan di Skatek 042 Lanud Iswahjudi. Total terdapat 10 jet tempur jenis F-16 telah dijadwalkan dilakukan proses upgrade, tujuh di antaranya sudah rampung.

Pesawat-pesawat ini diupgrade seiring kebutuhan zaman. Sebab pesawat itu belum dilakukan perubahan sejak datang pada tahun 1989 silam.

“Berjalannya waktu tentunya teknologi perlu dimodernisasi kemudian pada tahun 2018 kita mulai melakukan (upgrade jet tempur F-16). Jumlah seluruhnya 10 pesawat,” ujar Danskatek 042 Letkol Tek Andi Sukmawan saat ditemui di Lanud Iswahjudi.

Sosok Letda Silvia Octa, Perempuan Satu-satunya Teknisi Pesawat Tempur di Skatek 042 Lanud Iswahjudi


Proses upgrade ini dilakukan melalui program Falcon Star Enhaced Mid Life Update (eMLU). Proses upgrade jet tempur F-16 meliputi service life, kemampuan avionik, hingga sistem persenjataan yang menempel pada pesawat.

Proses upgrade dilakukan secara terpola dengan menggunakan manual book yang ada. Proses ini dilakukan secara teliti tanpa terburu-buru.

Mekanik yang diterjunkan untuk memelihara jet tempur jenis F-16 tidak main-main. Mereka semua memiliki keahlian dalam bidang pesawat F-16.

Di dalam hangar mekanik akan memastikan bahwa seluruh perangkat jet tempur yang digunakan berjalan baik. Setelah seluruh proses ini rampung barulah jet tempur itu akan digunakan oleh pilot penerbang dalam masa percobaan.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)