Senang Bisa Resmikan Patung Bung Karno, Megawati Ungkap Hal Ini

Rabu, 23 Agustus 2023 - 17:35 WIB
loading...
Senang Bisa Resmikan Patung Bung Karno, Megawati Ungkap Hal Ini
Megawati Soekarnoputri menerima hadiah foto dirinya saat berbincang dengan ibunya, Fatmawati. Foto/Erfan Erlin
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku senang bisa hadir meresmikan Patung Bung Karno di Roemah Petroek di Sleman, Rabu (24/8/2023). Dia mengaku bahagia dan merasa terkenang kembali memori didikan seni dari Bung Karno waktu kecil.

Megawati mengaku meski di pelosok yang jauh dari kota, namun dirinya akan tetap berusaha menghadiri undangan peresmian Patung Bung Karno. Karena sejak menjadi anggota DPR, Megawati mengaku sering turun ke bawah menemui rakyat.

"Ya sama petani ya ngobrolnya di pematang sawah, kalau disuruh lesehan ya lesehan. karena ya bagaimana ya ndak mungkin kalau orang pemimpin ya harus seperti itu," terang dia.



Megawati mengaku justru luar biasa senangnya diundang menghadiri peresmian di rumah yang menjunjung tinggi toleransi tersebut. Dia bahagia karena menghadiri acara berisi berbagai kesenian dan tradisi tersebut.

Karena biasanya kata dia, jika dia diundang itu pasti urusannya politik saja. Namun kali ini dia merasa sangat senang karena memang bapaknya yaitu Bung Karno tidak hanya sebagai politisi namun juga seniman.

"Nah kali ini saya kok senang banget karena di sini. Ayah saya itu bukan hanya politisi, beliau ya seniman," terang dia.

Megawati kemudian bercerita ketika masa kecil, delapan anak Bung Karno semuanya diajari menari. Semua anak Bung Karno harus mulai bisa menari di usia 5 tahun. Sehingga, ketika melihat ada penari yang sedang tampil, Mega mengaku juga bergoyang.

"Anaknya Bung Karno itu bergelapan. Jadi kami itu semua umur lima tahun mulai dari menarik bayangkan setiap umur 5 tahun lalu belajar menari, jadi saya bisa menari Jawa, menari Sunda, Bali dan sebagainya," ujar dia.

Menurut dia, Bung Karno memang dengan keras memerintahkan anaknya untuk belajar menari. Meski dulu menganggapnya kejam namun Megawati mengaku saat ini ada gunanya. Karena dengan menari maka membentuk bangun tubuh dengan bagus.

Dengan menari dapat mengolah rasa, mata dan tubuh menjadi lebih peka. Karena menari itu seperti belajar piano di mana ada bagian-bagian tertentu yang harus dicermati agar menyesuaikan gerak tubuh dengan musik yang dimainkan oleh pengiring.

Megawati mengaku beruntung karena masih menjumpai tempat seperti Roemah Petroek ini dan mungkin di tempat lain. Karena dengan tempat seperti Roemah Petroek ini maka kepribadian bangsa tidak mudah diubah.

"Yang kumpul ini budayawan, rohanian seniman. karena biasanya gatuk (cocok) karena rata-rata mereka punya roso tapi kalau orang di luar itu menurut saya itu hanya yang namanya hanya fisiknya," tambahnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)