Kopral Mabuk Bikin Resah Warga, Jenderal TNI AD Ini Beri Hukuman Saf Depan Setiap Salat Jumat

Rabu, 23 Agustus 2023 - 06:18 WIB
loading...
A A A
"Maaf, Pak. Ini tempat saya," begitulah ucap Kopral Komarudin saat ia datang terlambat sementara safnya sudah diisi oleh orang lain. Dari belakang, Agus Rohman tersenyum melihat perubahan yang terjadi pada Kopral Komarudin.

Di lain cerita, pria yang pernah menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad ini mendobrak barak pada hari Jumat. Ia mendapati para prajurit yang sedang berleha-leha di dalam barak.

Padahal, hari itu adalah hari Jumat. Seharusnya, bagi prajurit yang menganut agama Islam mempersiapkan diri untuk Salat Jumat. Saat itu, Letda Inf Agus Rohman sedang melaksanakan piket (perwira piket).

"Semuanya cepat bersiap Salat Jumat!" perintah Letda Inf Agus Rohman.

"Jangan sampai saya temukan ada yang nggak Salat Jumat!" tegasnya.

Memang, ketika itu beberapa prajurit Batalyon Infanteri L 330/TD malas melaksanakan Salat Jumat. Agus Rohman menjabat sebagai komandan peleton berprinsip bahwa ia bertanggung jawab mengubah kebiasaan prajuritnya. Namun, ia membutuhkan keberanian untuk mengubah mereka.

Pria yang menjabat sebagai Danrem 061/Surya Kencana pada tahun 2012-2013 ini merasa tidak mungkin memimpin manusia tanpa keberanian. Meski berstatus sebagai perwira remaja, ia harus berani menghadapi prajurit yang dipimpinnya. Ia harus dapat mengubah prajuritnya itu agar menjadi prajurit yang lebih baik.

Bukan tanpa alasan Agus Rohman selalu menekankan Salat Jumat kepada para prajurit, sejak kecil ia dan saudara-saudaranya sudah ditanamkan pendidikan agama oleh sang ayah, Ahmad Mustofa. Ahmad Mustofa menitipkan anak-anaknya kepada kiai di sekitar Cibaduyut untuk dididik menjadi pribadi yang taat.

Didikan ayahnya tersebut menjadikan Agus Rohman sebagai Muslim yang taat beribadah saat menjalani karier kemiliterannya di TNI. Setiap bertugas sebagai perwira piket, Agus Rohman selalu memerintahkan prajurit untuk menunaikan salat Jumat.

Rupanya, ada prajurit yang tidak suka dengan kebiasaan Letda Inf Agus Rohman. Ia adalah Kopral Darmianto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)