Sejumlah Faktor Naiknya Elektabilitas Ganjar

Senin, 21 Agustus 2023 - 14:48 WIB
loading...
Sejumlah Faktor Naiknya Elektabilitas Ganjar
PDIP merespons hasil survei Litbang Kompas teranyar terkait elektabilitas Bakal Capres yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menduduki puncak klasemen. Foto/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - PDIP merespons hasil survei Litbang Kompas teranyar terkait elektabilitas Bakal Calon Presiden (Capres) yang didukung Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Ganjar Pranowo menduduki puncak klasemen. Hasil survei itu diyakini sebagai bukti dukungan rakyat semakin kuat ke Ganjar.

"Ini menunjukkan daya terima rakyat yang begitu besar terhadap Ganjar Pranowo seiring dengan tingkat dikenal yang makin luas," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

Hasto menjelaskan, penilaian itu juga didasari atas kajian internal melalui FGD rakyat yang menunjukkan adanya perbedaan karakter antara Ganjar Pranowo dan capres lainnya.



"Doktrin penggalangan 'Ganjar untuk Semua' dan pentingnya kesinambungan dengan Presiden Jokowi, Gerak Cepat Indonesia Maju semakin dikenal. Disisi lain, keberhasilan mengentaskan 1 juta orang miskin di Jateng, program beli tanah dapat rumah, serta karakter kepemimpinan Ganjar yang merakyat, gemar blusukan dan tinggal di rumah warga menjadi strong points kepemimpinan Ganjar," tutur Hasto.

"Jadi Ganjar dikenal dengan komitmennya yang pro kesejahteraraan rakyat. Karena itulah Ganjar dipersepsikan paling kuat sebagai sosok yang melanjutkan kepemimpinan Jokowi," tambahnya.

Dengan hasil survei tersebut, kata Hasto, kerja sama antara PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Hanura bersama dengan seluruh elemen relawan akan semakin ditingkatkan. Salah satunya dengan menguatkan basis pemilih di akar rumput.

"Apa yang sudah dilakukan oleh anggota dan kader PDI Perjuangan dengan seluruh kepala daerah dan anggota legislatif dengan menempel stiker Ganjar Pranowo di pintu-pintu rakyat akan semakin intens dilakukan," terangnya.

Ia meyakini, antusiasme rakyat terhadap kepemimpinan Ganjar Pranowo akan semakin meningkat setelah Pak Ganjar menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 5 September 2023.

"Setelah itu Ganjar Pranowo dengan stamina tinggi akan semakin masif bergerak. Di sinilah rekam jejak, karakter, daya juang, dan visi masa depan Ganjar Pranowo akan menjadi kunci dalam kontestasi Pilpres," tutur Hasto.

Sekadar informasi, survei Litbang Kompas teranyar menunjukan elektabilitas Ganjar berada di puncak klasemen. Dari simulasi 5 bacapres menunjukkan Ganjar Pranowo 31,8 persen, Prabowo 27,8 persen dan Anies 15,6 persen. Selisih keunggulan Ganjar 4 persen lebih tinggi dari Prabowo.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)