Mahfud MD Akui Masih Banyak Oknum Nakal Lakukan Pungli di Berbagai Institusi

Senin, 21 Agustus 2023 - 14:20 WIB
loading...
Mahfud MD Akui Masih Banyak Oknum Nakal Lakukan Pungli di Berbagai Institusi
Menko Polhukam Mahfud MD mengungkap masih ada oknum nakal di berbagai institusi yang melakukan pungli seperti di DPR, Polri, hingga TNI. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkap masih ada oknum nakal di berbagai institusi yang melakukan pungli seperti di DPR, Polri, hingga TNI.

Hal tersebut ia ungkap guna merespons ketakutan warga soal pungutan liar saat hendak melaporkan tindakan pidana yang menimpanya.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Politik Uang dan Identitas Jadi Penyakit Pemilu

"Ya memang masih ada ya. Di mana-mana itu orang nakal itu masih ada, di institusi apa saja. Kayak di DPR, di hakim, di polisi, di TNI semua ada," ujar Mahfud saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (21/8/2023).

Kendati demikian, Mahfud mengungkap bahwa kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri terus meningkat. Hal tersebut terlihat dari survei Litbang Kompas yang dilakukan dengan tatap muka pada 27 Juli-7 Agustus 2023.

"Tetapi secara umum kepuasan terhadap kinerja polisi terus meningkat. Polkam itu kontribusinya yang tertinggi terhadap kepuasan dan kepercayaan publik," katanya.

"Itu tahun ini polkam tertinggi. Ketika orang mengatakan wah itu kacau balau politik, kacau balau keamanan, nggak, tertinggi. Itu yang kacau-balau kan kata medsos saja dan ini semua survei mengatakan begitu," sambungnya.

Adapun daftar sejumlah hasil survei terhadap kinerja pemerintahan Jokowi ialah di bidang politik dan keamanan sebanyak 79,3% responden puas dan 20,7% responden tidak puas.



Di bidang penegakan hukum sebanyak 61,9% responden puas dan 8,1% responden tidak puas. Kemudian di bidang perekonomian 61,5% responden puas, 38,5% responden tidak puas. Sementara di bidang kesehatan memperlihatkan 76,4% responden puas dan 23,6% tidak puas.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)