Luhut Ikut Jokowi ke Afrika, Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Menko Marves Ad Interim

Minggu, 20 Agustus 2023 - 18:54 WIB
loading...
Luhut Ikut Jokowi ke Afrika, Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Menko Marves Ad Interim
Sandiaga Uno ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menko Marves Ad Interim menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke Afrika hingga 26 Agustus 2023. Jokowi kemudian menunjuk Sandiaga Uno untuk menggantikan sementara posisi Luhut sebagai Menko Marves.

Penunjukkan Sandiaga sebagai Menko Marves Ad Interim tersebut tertuang dalam surat Nomor B-3432/MENKO/RT.01.00/VIII/2023 tanggal 16 Agustus 2023 yang ditandatangani Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Dalam surat tersebut, diberitahukan bahwa Presiden Jokowi menunjuk Sandiaga untuk menjadi Menko Marves Ad Interim.

"Dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim selama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melakukan perjalanan dinas ke luar negeri," demikian isi surat tersebut dikutip, Minggu (20/8/2023).



Untuk diketahui, Jokowi telah bertolak dari Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, menuju ke Afrika dalam rangka kunjungan kerja, Minggu (20/8/2023) siang. Jokowi bakal mengunjungi empat negara sekaligus yakni Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan.

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan bertolak menuju ke Afrika. Kami akan berkunjung ke empat negara yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan dan ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai Presiden ke kawasan Afrika," kata Jokowi melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (20/8/2023).

Jokowi menyebut kunjungan perdananya ke kawasan Afrika dalam rangka untuk memperkokoh solidaritas di antara negara-negara selatan global. "Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan meperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the global south," ucap Jokowi.



Negara pertama yang akan dikunjungi Jokowi adalah Republik Kenya. Presiden Jokowi diagendakan untuk bertemu dengan Presiden Republik Kenya William Ruto untuk memperkuat hubungan bilateral antarkedua negara.

Dari Republik Kenya, Presiden akan melanjutkan kunjungan ke Republik Persatuan Tanzania untuk bertemu dengan Presiden Samia Suluhu Hassan serta melaksanakan pertemuan bisnis bersama dengan sejumlah pemimpin perusahaan di Tanzania. Selanjutnya, Presiden Jokowi akan berkunjung ke Republik Mozambik. Presiden akan menggelar pertemuan bilateral bersama Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)