alexa snippet

Wiranto Peringatkan Dinamika Ancaman Terus Berubah

Wiranto Peringatkan Dinamika Ancaman Terus Berubah
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komjen Pol Suhardi Alius. Foto/Dok/Humas BNPT.
A+ A-
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).  Kerja sama itu dengan mengumpulkan seluruh stakeholder yang terdiri dari 50-an biro kehumasan/pusat penerangan seluruh kementerian/lembaga pemerintah dan TNI/Polri.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto dalam sambutannya mengatakan, hoax di dunia maya merupakan ancaman yang nyata. Cepatnya agitasi informasi media sosial, kata dia harus segera diatasi karena bisa memecah belah bangsa.

“Ada perubahan dinamika ancaman yang terus berubah dari waktu ke waktu. Satu gerakan dinamis dan kalau terlena kita akan mudah ketinggalan,” ujar Wiranto, Jakarta, Kamis (16/2/2017)

Dia mengingatkan, dalam menghadapi perang dunia maya seperti sekarang membutuhkan sinergitas semua lembaga. Dia menambahkan, perang di dunia maya, seperti media sosial menggunakan berbagai informasi propaganda.

“Zaman dulu di Nazi ada yang namanya menteri penerangan, agitasi dan propaganda karena saat itu perlu untuk yakinkan masyarakat. Kalau sekarang ini ada Kemenkominfo, tapi tidak ditugaskan untuk hal propaganda,” ucapnya.

Sementara Kepala BNPT, Komjen Pol Suhardi Alius menuturkan sekarang media sosial menjadi ruang tunggu baru bagi masyarakat. Menurutnya hampir semua kalangan masyarakat menggunakan gadget yang terkoneksi dengan internet. (Baca: Pemerintah Diminta Tak Berlebihan Sikapi Berita Hoax)

“Salah satu hal yang mendapat perhatian serius dari kami di BNPT adalah penyebaran berita bohong atau hoax di dunia maya,” ucap Suhardi.
(kur)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top