HUT ke-78 RI, Atraksi Pesawat Bikin Love Pukau Warga di Monas

Kamis, 17 Agustus 2023 - 20:29 WIB
loading...
HUT ke-78 RI, Atraksi Pesawat Bikin Love Pukau Warga di Monas
Atraksi membentuk love menjadi pertunjukan yang paling banyak mendapat tepuk tangan masyarakat. Foto/Nur Khabibi
A A A
JAKARTA - Sebanyak 10 pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) meramaikan upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). Pertunjukan tersebut dapat terlihat jelas dari sekitaran Tugu Monumen Nasional (Monas).

Ribuan warga yang datang di Monas pun enggan ketinggalan untuk mengabadikan momen langka tersebut. Mereka sigap mengeluarkan gawai mereka untuk menangkap berbagai pertunjukan flypass atau demo udara.

"Tadi seru banget si apalagi tadi deket saya ibu-ibu jadi pada teriak-teriak gitu," kata salah satu warga yang datang ke Monas Ani Sri Mulyani.





Dari sekian banyak manuver, atraksi membentuk love menjadi pertunjukan yang paling banyak mendapat tepuk tangan masyarakat. "Tadi bagian yang ada love-nya tadi sempat ke video jadi momennya kerasa banget," ucapnya.

Pantauan di lokasi, warga bersorak ketika pesawat melakukan berbagai macam manuver. Rangkaian pertunjukan tersebut diawali dengan melintasnya 10 pesawat tempur F-16.

Kemudian disusul dengan penampilan helikopter yang membawa bendera merah putih raksasa. Rangkaian pertunjukan tersebut ditutup dengan formasi pembuatan love.

Sebelumnya, sebanyak 10 pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) akan memeriahkan udara di langit Jakarta pada Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023).

Asops Kaskoopsudnas Marsma TNI Ian Fuady mengatakan, ada sebanyak 10 pesawat tempur F-16 yang akan melakukan flypass atau demo udara kali ini. Selain itu, juga ada helikopter dari TNI AD, AL, AU, juga Polri yang akan memeriahkan langit Jakarta.

“Hari ini kita akan menampilkan kekuatan udara yang dimiliki TNI dan Polri. Saat ini kita akan melibatkan 10 pesawat F-16, helikopter dari TNI, AD, AL, AU dan polisi. Dan tentunya juga kita akan menampilkan tim aerobatik oleh penerbang-penerbang terbaik putra bangsa,” ungkap Ian dalam keterangannya lewat YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/8/2023).

Ian menceritakan, awal mula flypass dilakukan untuk upacara HUT RI sejak 17 Agustus 2011 atau 12 tahun lalu. “Kita boleh flashback, 12 tahun yang lalu kurang lebih 17 Agustus 2011 di mana itu adalah pertama kali Upacara 17 Agustus 2011 di Istana dilaksanakan flypass pesawat tempur F-16 dan pesawat Sukhoi,” kata Ian.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)