Warga Antusias Ikut Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus di Istana Merdeka

Kamis, 17 Agustus 2023 - 16:00 WIB
loading...
Warga Antusias Ikut Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus di Istana Merdeka
Antusias warga mulai memadati Istana Merdeka, Jakarta untuk menghadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Kamis (17/8/2023) sore. Foto/MPI/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Antusias warga mulai memadati Istana Merdeka, Jakarta untuk menghadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Kamis (17/8/2023) sore. Tampak di pintu masuk antrean masyarakat cukup banyak untuk mengikuti upacara tersebut.

Sebelum memasuki tempat upacara, barang bawaan mereka harus dicek terlebih dahulu oleh pasukan pengamanan presiden (paspampres). Sebelum dimulainya upacara, beberapa penampilan marching band dan seni pun dipertontonkan untuk menghibur masyarakat.

Tampak tarian Kandangan dan tari Zapin Rodat menyambut masyarakat yang telah hadir di Istana Merdeka. Usai upacara penurunan bendera sang Merah Putih, nantinya bendera dan Naskah Proklamasi akan dibawa dari Istana Merdeka menuju Monumen Nasional (Monas).

Warga Antusias Ikut Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus di Istana Merdeka






Pantauan MNC Portal, masyarakat tumpah ruah di kawasan terluar Istana Merdeka untuk menunggu upacara penurunan bendera merah putih tersebut. Salah satunya adalah Theresia, wanita berumur 73 tahun yang sengaja datang dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menyaksikan perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia.

"Ya memang mau sengaja datang ke sini juga (ke istana), sambil ngantar cucu sekolah di Jakarta," kata Theresia saat ditemui MNC Portal di lapangan.

Warga Antusias Ikut Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus di Istana Merdeka


Theresia mengaku penasaran dan ingin menyaksikan perayaan kemerdekaan Indonesia, langsung dari depan Istana. "Mau lihat 17 Agustusan di Jakarta, di Istana," ucapnya.

Theresia mengungkap, ia bersama dengan saudaranya sengaja datang di sore hari karena ingin menyaksikan upacara penurunan bendera merah putih. "Dari jam 2 (sore) di sini. Mau ngikutin sampai penurunan bendera, maunya di dalem sih, tapi enggak punya undangan," ucapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)