Konflik Geopolitik hingga El Nino Akan Jadi Fokus DPR

Rabu, 16 Agustus 2023 - 15:57 WIB
loading...
Konflik Geopolitik hingga El Nino Akan Jadi Fokus DPR
Ketua DPR Puan Maharani menyebutkan pihaknya akan fokus terhadap beberapa persoalan yang menjadi perhatian masyarakat, dalam pidatonya, Rabu (16/8/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyebutkan pihaknya akan fokus terhadap beberapa persoalan yang menjadi perhatian masyarakat. Di antaranya, konflik geopolitik hingga penanganan fenomena El Nino.

Hal itu ia sampaikan dalam pidato Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 20233-2024, Rabu (16/8/2023).

"Mengantisipasi dampak konflik geopolitik global yang masih dalam ketidakpastian," kata Puan.

Penanganan fenomena El Nino juga akan menjadi fokus DPR RI ke depan. Sebagaimana diketahui, El Nino diprediksi akan melanda Indonesia hingga akhir 2023 yang berakibat kemarau panjang dan menyebabkan kekeringan.

"Mencermati permasalahan dampak utang sejumlah BUMN," lanjut Puan menyebutkan fokus DPR ke depan.



Kemudian, Puan menyebutkan fokus selanjutnya terkait transisi penggunaan bahan bakar beremisi ke energi non-emisi.

"Mencermati proses transisi energi Indonesia dalam mendukung energi terbarukan. Menyoroti persoalan maraknya kasus kekerasan seksual," ungkapnya.

Selanjutnya, penanganan kejahatan siber juga tidak luput menjadi fokus DPR. Diketahui, kejahatan tersebut marak menyerang sektor perbankan.

"Mewaspadai fenomena kejahatan elektronik perbankan yang mengancam keamanan data pribadi," tuturnya.

Terakhir, menekankan pentingnya pendampingan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Agar rencana tersebut sukses, Puan menyatakan perlu kerja sama dari pihak eksekutif.

"Pemerintah harus memiliki komitmen yang tinggi untuk menindaklanjuti berbagai keputusan rapat kerja Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan lainnya. Komitmen Pemerintah dalam melaksanakan hal tersebut, menunjukkan bahwa terdapat saling menghormati kewenangan antara lembaga Eksekutif dan Legislatif," ucapnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)