BNP2TKI Akan Latih 5.000 Perawat dan Tenaga Hospitality Calon TKI

Senin, 06 Februari 2017 - 13:54 WIB
BNP2TKI Akan Latih 5.000 Perawat dan Tenaga Hospitality Calon TKI
BNP2TKI Akan Latih 5.000 Perawat dan Tenaga Hospitality Calon TKI
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) terus membuat terobosan dalam rangka meningkatkan kualitas dan penghasilan TKI. Salah satunya dengan membuat pelatihan keperawatan dan hospitality bagi para calon TKI yang telah memiliki kontrak kerja ke luar negeri, meskipun mereka hanya lulusan SD atau SMP.

”Bagi mereka yang hanya lulusan SD dan SMP, yang sudah punya kontrak kerja ke luar negeri di luar PRT, kita akan latih. Agar bisa kerja di hotel, rumah sakit, restoran dan sektor-sektor non-rumah tangga,” kata Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, di sela-sela rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (6/2/2017).

Menurut Nusron, langkah itu bagian dari program upskill guna meningkatkan serapan tenaga kerja Indonesia. Apalagi, saat ini meski pemerintah sudah moratorium TKI nonformal ke Timur Tengah, tetapi nyatanya masih banyak yang dikirim tanpa prosedur baku dengan berbagai alasan.

”Saya yakin, kalau sama-sama lulusan SD dan SMP, kalau ada pilihan antara jadi pembantu atau dengan kerja di hotel, restoran, dan toko, pasti akan pilih yang ini (sektor formal),” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Nusron, program upskill tersebut bagian dari aksi exit strategy pascamoratorium. Untuk memaksimalkan serapan tenaga kerja pascapelatihan, BNP2TKI sudah memetakan pasar tenaga kerja di luar negeri seperti perawat, hospitality, manufaktur, serta jasa-jasa lain.

Negara yang telah dipetakan bisa menyerap TKI yang telah dilatih tersebut di antaranya Jepang, Australia, Selandia Baru, Kanada, dan Korea Selatan. ”Saya yakin dengan program seperti ini pelan-pelan paradigma orang akan bergeser, sehingga mau pelatihan agar bisa kerja sektor formal dan berangkat melalui jalur prosedural,” ungkapnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6571 seconds (0.1#10.140)