Hari Pramuka ke-62, Wapres: Momentum Bangun SDM Profesional dan Berwawasan Kebangsaan

Selasa, 15 Agustus 2023 - 21:54 WIB
loading...
Hari Pramuka ke-62, Wapres: Momentum Bangun SDM Profesional dan Berwawasan Kebangsaan
Wapres KH Maruf Amin memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Dalam peringatan tersebut Pramuka diharapkan semakin profesional dan memiliki integritas tinggi.

Peringatan Hari Pramuka kali ini mengambil tema 'Dengan Peringatan Hari Jadi Pramuka ke-62 Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan'.

"Gerakan Pramuka dapat menjalankan semua pekerjaannya dengan baik dan mahir sesuai dengan bidang lingkup tugasnya. Selain itu, profesional juga berarti mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi, disiplin dan berintegritas," ujarnya, Selasa (15/8/2023).



Sebab mencermati Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada sekarang ini masih belum sesuai dengan harapan. Untuk itu, di Hari Pramuka yang ke-62 ini perlu dicanangkan kembali.

"Pramuka yang berwawasan kebangsaan perlu diangkat agar tidak luntur dan tetap mempunyai nasionalisme, cinta Tanah Air dan semangat bela negara. Sehingga sampai kapan pun persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa tetap solid," katanya.

Terkait dengan globalisasi dan masuknya pengaruh dan budaya dari luar, Wapres berharap melalui pendidikan kepramukaan dapat dipilih dan dipilah, mana yang baik dan bermanfaat bagi Indonesia, dan mana yang tidak.

"Gerakan Pramuka juga harus senantiasa mewujudkan peran nyata dalam bakti masyarakat, termasuk dalam penanganan pencegahan dan penanggulangan bencana," katanya.

Hadir dalam Apel Besar Hari Pramuka ke-62 yakni, Ketua MPR, Ketua DPR, Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri dan Pimpinan Lembaga Negara lainnya, kedutaan besar negara sahabat, perwakilan Kwartir Daerah, para Pelatih dan Pembina Pramuka se-Jabodetabek, para Pramuka Berkebutuhan Khusus, peserta kontingen Jambore Dunia 2023 di Korea Selatan serta 25.000 peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023.

Apel Besar ini juga ditandai dengan atraksi marching band Secapa TNI AD, atraksi kreatif free fall komando khusus TNI AD, dan pagelaran tari kolosal nusantara dari Kwartir Cabang Kabupaten Bogor. Lapangan upacara juga diperindah dengan hiasan-hiasan khas Pramuka, dan di sekeliling lapangan upacara juga terdapat stand pameran Kwartir-kwartir Daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)