HUT ke-78 RI, Tim Dynamic Pegasus TNI AU Bakal Antraksi Perdana untuk Publik

Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:55 WIB
loading...
HUT ke-78 RI, Tim Dynamic Pegasus TNI AU Bakal Antraksi Perdana untuk Publik
Helikopter Colibri akan digunakan oleh tim Dynamic Pegasus TNI AU dalam demo udara HUT ke-78 Kemerdekaan RI. FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Sebanyak 30 pesawat dari tiga matra Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) akan terlibat dalam demo udara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) . Lima di antara ialah Helikopter Colibri.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati mengatakan, untuk pertama kalinya Dynamic Pegasus TNI Angkatan Udara akan tampil di publik.

"Ada tampil yaitu Pegasus. Pegasus ini yang biasanya sudah kita tampilkan di ajangnya Angkatan Udara. Namun untuk pertama kali kita tampilkan di depan masyarakat publik, umum," kata Agung di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa(15/8/2023).



Nantinya, kata Agung, Tim Aerobatic Dynamic Pegasus itu akan menari dengan helikopter EC-120B Colibri sambil mengikuti lagu yang ada di daratan.

Agung menilai, hal tersebut perlu dipamerkan ke masyarakat agar khalayak mengetahui apa saja yang menjadi keahlian pesawat milik TNI Angkatan Udara, di luar kemampuan pertahanan.

"Helikopter yang nanti akan menari mengikuti lagu di bawah. Itu unik sekali. Ya memang kita harus pamerkan ke masyarakat bahwa pesawat-pesawat yang dibeli dengan harga mahal ini ternyata bisa juga digunakan dengan cara lain dan masyarakat berhak tahu," katanya.

Untuk diketahui, sebanyak 30 unsur pesawat yang terlibat dalam demo udara HUT ke-78 Kemerdekaan RI terdiri dari 10 pesawat tempur F-16, enam pesawat KT-1B Wongbee, delapan helikopter Tri matra TNI, lima helikopter Colibri dan satu pesawat Boeing 737.



Sepuluh pesawat tempur F-16 Fighting Falcon melaksanakan flypast membentuk formasi diamond dan bomburst. Dilanjutkan dengan delapan helikopter tri matra TNI yang terbagi dalam dua element dengan membawa dua bendera Merah-Putih ukuran besar.

Demo udara dilanjutkan dengan penampilan enam pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang melaksanakan enam manuver udara, yakni Half Cuban, Five Card Loop, Cross Over Brake, Jupiter Wheel, dan Screw Roll, serta manuver Love and Bomburst.

Sedangkan empat helikopter EC-120B Colibri melaksanakan manuver udara break off dan Pegasus Cross pada phase 1. Pada phase 2 Dynamic Pegasus melaksanakan manuver udara berupa Windmill, Gemufamire dan Pegasus Kiss.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2313 seconds (0.1#10.140)