KH Anwar Iskandar Resmi Gantikan KH Miftachul Akhyar Jadi Ketua Umum MUI

Selasa, 15 Agustus 2023 - 12:51 WIB
loading...
KH Anwar Iskandar Resmi Gantikan KH Miftachul Akhyar Jadi Ketua Umum MUI
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyepakati bahwa KH Anwar Iskandar ditunjuk sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar. Foto/NU Online
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Rapat Pleno yang agenda utamanya adalah pembahasan Ketua Umum MUI pengganti KH Miftachul Akhyar di Jakarta, Selasa (15/8/2023). Hasilnya pleno menyepakati bahwa KH Anwar Iskandar ditunjuk sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar.

Ketua Panitia Rapat Pleno MUI, KH Rofiqul Umam Ahmad mengatakan bahwa Rapat Pleno menyetujui untuk menetapkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar. Penetapan tersebut nanti akan dibawa ke Rapat Paripurna MUI.



“Rapat Pleno menetapkan Bapak KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri,” ujar Rofiq dikutip dalam laman resmi MUIDigital, Selasa (15/8/2023).

Penetapan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI ini berdasarkan usulan dari KH Miftachul Akhyar. PBNU juga menyetujui jika pengganti KH Miftachul Akhyar adalah KH Anwar Iskandar.

Selain sosok sepuh di PBNU, KH Anwar Iskandar juga menduduki sebagai Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI. Nantinya, KH Anwar Iskandar akan meneruskan masa khidmat KH Miftachul Akhyar hingga 2025.

Selama ini, kepemimpinan MUI di bawah kendali tiga Wakil Ketua Umum MUI yang dibagi per bidang. Tiga Wakil Ketua Umum MUI tersebut adalah Buya Anwar Abbas, KH Marsudi Syuhud, dan Buya Basri Bermanda.

Penetapan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI ini nantinya akan dibahas dalam Rapat Paripurna MUI. Rapat Paripurna adalah rapat yang dihadiri Dewan Pertimbangan MUI, Dewan Pimpinan MUI, serta Ketua dan Sekretaris Komisi, Badan, dan Lembaga di bawah MUI.



Anggota Dewan Pertimbangan MUI sendiri terdiri dari pimpinan level pusat ormas Islam di Indonesia. Adapun Rapat Pleno MUI di Hotel Bidakara Jakarta itu dihadiri oleh jajaran Dewan Pimpinan MUI serta Ketua dan Sekretaris Komisi, Badan, dan Lembaga di lingkungan MUI.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)