Responsif Layani Aduan, Propam Polri Raih Presisi Award 

Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:05 WIB
loading...
Responsif Layani Aduan, Propam Polri Raih Presisi Award 
Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Saputra Hasibuan menyerahkan Presisi Award kepada Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Divisi Propam Polri mendapat penghargaan Presisi Award dari Lembaga Kajian Strategi Kepolisian Indonesia (Lemkapi). Penghargaan diberikan karena inovasi aplikasi WhatsApp (WA) Yanduan Propam Presisi banyak dimanfaatkan masyarakat.

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Saputra Hasibuan mengatakan, aplikasi online yang diluncurkan Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono sejak lima bulan lalu sangat membantu masyarakat menyampaikan berbagai keluhan dan masukan kepada Polri. Sejak dua bulan lalu Lemkapi melakukan pengamatan dan menguji langsung layanan aplikasi tersebut.

"Kami menguji langsung layanan Yanduan dan terbukti cepat direspon. Kami melihat layanan aplikasi online ini menjadi solusi sebagai layanan alternatif masyarakat kepada Polri," kata Edi Hasibuan dalam keterangan persnya, Sabtu (12/7/2023).

Mantan Komisioner Kompolnas ini mengatakan, aplikasi WA Yanduan Propam Presisi Polri kini menjadi unggulan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri. Faktanya kehadiran aplikasi daring ini banyak dimanfaatkan masyarakat.

"Hasil penelitian menyebutkan, layanan WA Yanduan Propam Presisi Polri cukup berpengaruh atau sekitar 25% menyumbang trust terhadap Polri," tandasnya.

Menurut Edi dengan adanya aplikasi pengaduan tersebut, konsekuensi yang didapat adalah banyaknya aduan dan masukan dari masyarakat. Dia berpesan agar setiap aduan yang masuk agar cepat direspons. "Masyarakat akhirnya bisa merasakan layanan online ini berfungsi dengan baik," tandasnya.

Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono menuturkan, WA Yanduan Propam Presisi Polri diharapkan dapat menciptakan interaksi langsung dengan pelapor. Selain itu juga menghilangkan sumbatan komunikasi antara masyarakat yang mengadu dengan anggota Polri.

Mantan Wakabareskrim ini menjelaskan, dia juga mendapatkan masukan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait kinerja Propam Polri. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara meminta agar diadakan lomba Dumas Satwil Bid Propam dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara. Para anggota Propam Polri yang menerima pengaduan masyarakat (Dumas) agar diberikan penghargaan.

"Banyaknya aduan yang langsung ke Kapolri sudah banyak berkurang dan itu berarti sumbatan komunikasi sudah mulai berkurang," katanya.

Dia berterima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan Lemkapi. Propam Polri bukan hanya bertugas menindak pelanggaran anggota saja, namun juga sebagai penyeimbang Polri.

"Propam Polri adalah polisinya polisi, harus bisa menjadi teladan. Untuk menjadi teladan tidak bisa ujug-ujug (tiba-tiba). Saya menekankan kepada keluarga Propam Polri untuk tidak melakukan pelanggaran dan mematuhi aturan dengan tetap menanamkan nilai-nilai agama. Sehingga kedepan Propam merendahkan diri," tuturnya.

Jenderal bintang dua ini menambahkan dia selalu mengevaluasi terkait kinerja Propam Polri baik di pusat maupun daerah. "Kami juga meminta masukan Lemkapi untuk membantu kita jika ada kekurangan yang dapat menurunkan citra Polri," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)