Pengamat Ungkap Maksud Jokowi Sosok yang Mampu Berlari Adalah Ganjar Pranowo

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 18:48 WIB
loading...
Pengamat Ungkap Maksud Jokowi Sosok yang Mampu Berlari Adalah Ganjar Pranowo
Penyataan Presiden Jokowi terkait pemimpin Indonesia harus mampu ’lari maraton’ mengarah kepada Ganjar Pranowo. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyataan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) terkait pemimpin Indonesia harus mampu lari maraton mengarah kepada Ganjar Pranowo . Jokowi mengungkapkan empat kriteria calon pemimpin yang dibutuhkan Indonesia ke depan saat bertemu para pimpinan redaksi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Kriteria tersebut yakni sosok pemimpin yang berani, konsisten, punya nyali, dan mampu 'lari maraton'. "Ganjar adalah sosok yang saya kira punya konsistensi dan keberanian gitu ya," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada wartawan, Sabtu (12/8/2023).

Menurut dia, ungkapan terkait 'lari maraton' tersebut diduga sebagai sinyal dukungan Jokowi untuk Ganjar Pranowo. Adi menjelaskan bila soal 'berlari', Ganjar Pranowo merupakan figur yang satset(gerak cepat) dalam menghadapi suatu permasalahan.

Hal ini terbukti dari kepemimpinan Ganjar selama memimpin dua periode sebagai gubernur Jawa Tengah. "Selama ini capres yang terindentifikasi memiliki hobi dan kegemaran berlari, belanja masalah-masalah rakyat secara langsung hanyalah Ganjar Pranowo," terangnya.

Adi menyebut, kode Jokowi tersebut merupakan hal yang lumrah. Sebab sebagai orang Jawa, Jokowi kerap memberikan kode-kode dukungan secara tidak langsung.

"Jokowi inikan orang Jawa tentu bahasa dukungan politiknya tidak disampaikan secara eksplisit, tapi menggunakan bahasa-bahasa kiasan dan bahasa-bahasa semantik," ucapnya.

Untuk itu, dia pun menegaskan Ganjar Pranowo sangat merepresentasikan kode 'lari' tersebut sehingga memenuhi kriteria untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi. "Publik mengira, publik menduga ketika Jokowi menyebut bahwa pemimpin adalah mereka yang mampu berlari kencang, itu rasa-rasanya mengarah kepada Ganjar Pranowo. Bukan yang lain," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)