3 Fakta Menarik Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Berdarah Batak yang Pernah Menangani Kasus Brigadir J

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 18:59 WIB
loading...
3 Fakta Menarik Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Berdarah Batak yang Pernah Menangani Kasus Brigadir J
Kamaruddin Simanjuntak merupakan pengacara berdarah Batak yang pernah menangani kasus Brigadir J. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sosok Kamaruddin Simanjuntak tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sebelumnya, dia banyak disorot ketika menjadi pengacara keluarga Brigadir J .

Terbaru, Kamaruddin ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus pencemaran nama baik dan berita bohong. Dia dilaporkan oleh kuasa hukum Direktur Utama PT Taspen ANS Kosasih, Duke Arie Widagdo ke Polres Jakarta Pusat.

Menanggapi penetapan tersangka, Kamaruddin mengaku akan menghadapi proses hukum yang berlaku. Dia juga telah bersedia memenuhi panggilan kepolisian pada Senin, 14 Agustus 2023 mendatang.

Lantas, seperti apakah sebenarnya sosok Kamaruddin Simanjuntak ini? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak sederet fakta pengacara Kamaruddin Simanjuntak sebagai berikut.

Fakta Menarik Kamaruddin Simanjuntak

1. Pengacara Berdarah Batak


Kamaruddin Simanjuntak lahir di Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada 21 Mei 1974. Dia dikenal sebagai salah satu sosok pengacara berdarah Batak kenamaan di Indonesia.



Seperti yang diketahui, cukup banyak pengacara terkemuka yang memiliki darah Batak. Sebut saja seperti Hotman Paris Hutapea, Hotma Sitompul, Juan Felix Tampubolon, Otto Hasibuan, dan lain sebagainya.

Dalam statusnya, Kamaruddin juga menjadi salah satu dari deretan nama di atas. Dalam sepak terjangnya, dia telah banyak menangani kasus-kasus yang menyedot perhatian lebih, termasuk salah satunya terkait kematian Brigadir J.

2. Merantau ke Jakarta


Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas, Kamaruddin Simanjuntak merantau ke ibu kota Jakarta. Perjuangannya juga tidak mudah. Dia beberapa kali bekerja serabutan.

Setelahnya, dia sempat melamar ke sejumlah perusahaan. Sekitar tahun 1993, Kamaruddin diterima kerja sebagai customer service.

Kamaruddin memiliki impian menjadi pengacara. Beberapa waktu setelahnya, cita-citanya ini mulai menemui titik terang ketika memutuskan kuliah.



Dia masuk Fakultas Hukum di Universitas Kristen Indonesia (UKI). Setelah lulus, dia mulai membangun karier dengan semangat. Pada akhirnya, impian Kamaruddin menjadi pengacara pun tercapai. Saat ini, dia bahkan menjadi salah satu sosok kenamaan dari profesi tersebut.

3. Banyak Menangani Kasus Besar


Dalam perjalanan kariernya sebagai pengacara, Kamaruddin Simanjuntak telah banyak menangani kasus. Beberapa di antaranya bahkan termasuk besar karena menyita perhatian publik.

Sebagai contoh, bisa disebutkan seperti kasus korupsi e-KTP, kasus penistaan agama Muhammad Kace, hingga pembunuhan Brigadir J.

Itulah sejumlah fakta terkait Kamaruddin Simanjuntak, pengacara berdarah Batak yang pernah menangani kasus Brigadir J.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7973 seconds (0.1#10.140)