Jokowi Ungkap Kriteria Pemimpin Mendatang, Peneliti SMRC: Kuatkan Dukungan ke Ganjar

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 16:47 WIB
loading...
Jokowi Ungkap Kriteria Pemimpin Mendatang, Peneliti SMRC: Kuatkan Dukungan ke Ganjar
Presiden Jokowi yang menyebut kriteria pemimpin mendatang harus bisa lari maraton untuk melanjutkan program pemerintah makin menguatkan arah dukungannya ke Ganjar Pranowo. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyebut kriteria pemimpin Indonesia mendatang harus yang berani dan bisa lari maraton untuk melanjutkan program pemerintah. Analogi Presiden Jokowi soal pemimpin berani dan mampu lari maraton seakan-akan makin menguatkan arah dukungannya kepada Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 .

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengatakan, analogi maraton serta pemimpin berani itu ada pada diri Ganjar. "Saya kira, arah pembicaraan Jokowi itu cukup jelas, yakni Ganjar Pranowo. Di antara tiga bacapres terpopuler sekarang, kriteria yang dikemukakan oleh Presiden ada pada Ganjar," katanya kepada wartawan, Jumat (11/8/2023).

Saidiman juga menyebut analogi dari Presiden Jokowi untuk pemimpin di masa mendatang itu sangat tepat. "Maknanya adalah bahwa tantangan kebijakan ke depan sangat konkret, dibutuhkan sebuah stamina yang prima dan pikiran yang jernih untuk menghadapinya," ujarnya.

Kebijakan yang diambil pemimpin Indonesia di masa mendatang harus berorientasi masa depan yang lebih jauh untuk kepentingan semua. Bukan untuk memenuhi kepentingan temporer dan jangka pendek kelompok tertentu.

"Oleh karena itu, diperlukan seorang calon pemimpin yang bukan hanya teruji, tetapi juga memang biasa berpikir dan bertindak kompleks. Pemimpin yang bisa bicara tentang detail-detail kebijakan dengan segala trade-off-nya, bukan yang sekadar mengumbar slogan," terangnya.

Lebih lanjut Saidiman menuturkan sosok Ganjar punya stamina untuk menghadapi tantangan kebijakan jangka panjang. "Dia (Ganjar) juga merupakan orang terdekat Presiden yang memang terlihat dipersiapkan untuk melanjutkan kebijakan pembangunan Indonesia sekarang, dan karakternya mirip dengan Jokowi. Tidak sloganistik, melainkan detail dalam membicarakan setiap kebijakan," tandasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi mengungkapkan kriteria pemimpin Indonesia di masa selanjutnya ketika dia bertemu para pemimin redaksi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/8/2023). Jokowi menyebut Indonesia membutuhkan pemimpin yang berani untuk menjaga kebijakan-kebijakan yang telah dibuat untuk memajukan bangsa, di antaranya terkait hilirisasi industri.

Orang nomor satu di Indonesia itu menilai keberanian dan konsistensi tersebut diperlukan karena tantangan dan tekanan yang dihadapi oleh negara ke depannya akan makin meningkat. Dalam pertemuan itu juga, Presiden Jokowi menyinggung soal sosok pemimpin yang bisa berlari membawa Indonesia ke arah yang makin baik.

Dia pun menganalogikan pernyataannya dengan lari pagi. "Larinya jangan lari pagi. Kalau lari pagi mudah, harus lari maraton, kuncinya di endurance," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)